Mensyukuri Apa Pun Yang Kita Miliki dan Alami Saat Ini


Setiap orang memiliki keinginan dan tujuan dalam hidupnya. Mereka beranggapan akan mendapatkan kebahagiaan jika keinginan dan tujuan itu tercapai. Namun faktanya tidaklah demikian, walau pun ada orang yang berbahagia ketika mendapatkan keinginannya, banyak juga yang tidak bahagia saat keinginannya sudah terwujud.

Ini seperti yang saya alami sendiri, banyak hal yang saya inginkan saya dapatkan, dan saya kira akan bahagia. Namun kenyataannya apa yang saya rasakan sama saja ketika keinginan saya belum terwujud.

Kemudian timbul pertanyaan dalam hati saya, mengapa saya tidak lebih bahagia ketika keinginan saya terwujud. Apa yang salah! Dengan sendirinya saya terus berpikir mengapa ini terjadi pada saya.

Pikiran saya membawa pada masa lalu ketika saya masih kecil, yaitu pada tahun 2003, pada saat itu aku merasakan kehidupan penuh kebahagiaan. Dan ternyata kebahagiaan yang aku rasakan pada saat itu adalah refleksi dari rasa syukur.

Jadi saya saat ini berpikir dengan cara yang berbeda, mengapa saya harus berbahagia dengan syarat keinginan saya terwujud. Misalnya, saya akan merasa bahagia saat memiliki smartphone baru, itu adalah perasaan yang wajar, namun saya juga harus tetap bahagia saat tidak memiliki smartphone baru. Saya lebih fokus pada apa yang saya rasakan, bukan pada smartphonenya, artinya apa pun keadaannya saya harus tetap merasa bahagia.

Jika saya berfokus pada smartphone, kebahagiaan itu akan sulit tercapai. Jika ternyata smartphone yang saya inginkan harganya mahal, misalnya 30 jutaan, barangnya langka, dan saya pun tak mampu membelinya, maka saya akan sulit untuk bahagia.

Memiliki atau tidak memiliki smartphone tersebut, saya harus tetap bahagia. Untuk itu saya harus memiliki rasa syukur, menerima keadaan saat ini sebagai yang terbaik.

Memiliki impian atau tujuan tertentu dalam hidup bukannya hal yang buruk, tetapi itu adalah sesuatu yang harus dimiliki setiap orang. Ada orang yang ingin kaya, ingin punya mobil mewah, rumah besar dan masih banyak lagi keinginan lainnya, namun jangan sampai keinginan tersebut melupakan kita untuk merasa bahagia entah keinginan itu terwujud atau tidak.

Ayuk.. kita menumbuhkan rasa syukur, untuk hidup lebih tenang dan bahagia. 
Yudi Hartono
Yudi Hartono Perawat hobi ngeblog dan ngopi Whatsapp: 082176370945