Widget HTML #1

Mensyukuri Apa Pun yang Kita Miliki dan Alami Saat Ini


Setiap orang memiliki keinginan dan tujuan dalam hidupnya. Mereka beranggapan akan mendapatkan kebahagiaan jika keinginan dan tujuan itu tercapai. Namun faktanya tidaklah demikian, walau pun ada orang yang berbahagia ketika mendapatkan keinginannya, banyak juga yang tidak bahagia saat keinginannya sudah terwujud.

Ini seperti yang aku alami, banyak hal yang aku inginkan aku dapatkan, dan aku kira akan bahagia. Namun kenyataannya apa yang aku rasakan sama saja dengan perasaan ketika keinginan itu belum terwujud.

Kemudian timbul pertanyaan dalam hati, mengapa aku tidak lebih bahagia ketika keinginan itu terwujud. Apa yang salah! Dengan sendirinya aku terus berpikir mengapa ini bisa terjadi.

Pikiranku membawa pada masa lalu ketika masih kecil, yaitu pada tahun 2003, pada saat itu aku merasakan kehidupan penuh kebahagiaan. Dan ternyata kebahagiaan yang aku rasakan pada saat itu adalah refleksi dari rasa syukur.

Jadi, saat ini aku berpikir dengan cara yang berbeda, mengapa aku harus berbahagia dengan syarat keinginan yang terwujud. Misalnya, aku akan merasa bahagia saat memiliki smartphone baru, itu adalah perasaan yang wajar, namun aku juga harus tetap bahagia saat tidak memiliki smartphone baru. 

Aku lebih fokus pada apa yang dapat disyukuri, bukan pada hal yang tidak aku miliki, artinya apa pun keadaannya saya harus tetap merasa bahagia.

Jika aku berfokus pada smartphone, kebahagiaan itu akan sulit tercapai. Jika ternyata smartphone yang aku inginkan harganya mahal, misalnya 30 jutaan, barangnya langka, dan aku pun tak mampu membelinya, maka aku akan sulit untuk bahagia.

Memiliki atau tidak memiliki smartphone tersebut, aku harus tetap bahagia. Untuk itu aku harus memiliki rasa syukur, menerima keadaan saat ini sebagai yang terbaik.

Memiliki impian atau tujuan tertentu dalam hidup bukannya hal yang buruk, tetapi itu adalah sesuatu yang harus dimiliki setiap orang. Ada orang yang ingin kaya, ingin punya mobil mewah, rumah besar dan masih banyak lagi keinginan lainnya, namun jangan sampai keinginan tersebut melupakan kita untuk merasa bahagia entah keinginan itu terwujud atau tidak.

Ayuk.. kita menumbuhkan rasa syukur, untuk hidup lebih tenang dan bahagia.