Cara Menggunakan Blender yang Benar, Ini Rahasianya - Yudi Hartono
Latest Update
Fetching data...

Jumat, 01 Maret 2019

Cara Menggunakan Blender yang Benar, Ini Rahasianya

Gambar: www.philips.co.id

yudihartono.com Menggunakan blender sangat gampang dan mudah, semua orang sepertinya bisa menggunakan blender, karena tinggal memasukkan bahan lalu tekan tombolnya. Iya.. sangat sederhana sekali cara menggunakan blender.

Saya pun jika menggunakan blender hanya memasukan bahan lalu pencet tombol sampai bahan lembut. Ketika menggunakan blender kadang saya bertanya-tanya berapa lama harusnya blender menyala, tombol apa yang seharusnya saya pakai? Namun karena saya tidak mengetahuinya saya menyalakan dan memencet tombol sesuai keinginan saya, pokoknya yang penting blender tetap berputar.

Sebagian orang pasti menggunakan blender seperti saya di atas, tidak mengikuti cara-cara yang benar dalam menggunakan blender. Karena pertanyaan itu selalu menghantui saya ketika menggunakan blender, akhirnya saya mencari berbagai informasi bagaimana cara menggunakan blender yang benar dan tepat, informasi tersebut akan saya tuliskan di bawah ini.

Cara Menggunakan Blender yang Benar


Menggunakan blender hanya tinggal pencet tombol "ON" saja, tetapi untuk menggunakan dengan benar ada beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti berikut ini:

  • Jangan masukkan bahan panas ke dalam blender (maksimum 80°C), biarkan bahan yang panas menjadi dingin dulu sebelum memasukkan ke dalam tabung blender.
  • Jangan memasukkan jari, spatula atau benda lainnya, selain sendok yang disediakan pada saat blender sedang berputar.
  • Jangan menghidupkan blender lebih dari 3 menit setiap kalinya. Jika menggunakan belender selama 3 menit, matikan alat selama 1 menit sebelum menggunakannya lagi.
  • Jika mau mengolah bahan dengan sangat cepat, tekan tombol "PULSE/QUICK CLEAN" beberapa kali.
  • Jangan menekan tombol "PULSE/QUICK CLEAN" lebih dari beberapa detik pada satu waktu.
  • Potong kecil-kecil bahan yang padat sebelum diblender.
  • Jika tidak puas dengan hasilnya saat memblender makanan padat, matikan blender dan tekan "PULSE/QUICK CLEAN" beberapa kali.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum menggunakan blender.

Cara Cepat Membersihkan Blender


Membersihkan blender sedikit ribet, apalagi jika membersihkan bagian dasar, dekat piasu, kadang ada beberapa bahan makanan yang tertinggal di sana. Ketika membersihkan blender tidak boleh menggunakan sabut gosok ya... dan juga bahan pembersih abrasif atau cairan agresif seperti minyak tanah.

Tips membersihkan blender
  • Segera bersihkan blender setelah digunakan, semakin cepat dibersihkan semakin mudah untuk menghilangkan sisa makanan yang tertinggal.
  • Lepaskan semua komponen sebelum membersihkannya.
  • Bersihkan unit motor dan unit sambungan perajang dengan kain lembab. 

Cara membersihkan tabung blender dengan cepat
  1. Isi blender dengan air hangat sampai setengah tabung blender, lalu tambahkan beberapa tetes cairan pembersih.
  2. Tekan tombol "PULSE/QUICK CLEAN" beberapa kali.
  3. Lepaskan tabung blender, kosongkan dan bilas di bawah keran.

Itulah beberapa informasi yang dapat saya bagikan mengenai blender, semoga bisa bermanfaat ya...

Add your comment
EmoticonEmoticon