Yudi Hartono
Latest Update
Fetching data...

Jumat, 04 Oktober 2019

Pengertian dan Manfaat Sertifikat Nomor Induk Koperasi (NIK)

Gambar: @kemenkoukm

Koperasi merupakan penunjang ekonomi bangsa Indonesia, juga menjadi salah satu usaha yang didukung penuh oleh pemerintah untuk mencapai kesejahteraan masyarakat. Salah satu dukungan yang diberikan pemerintah adalah dengan adanya Sertifikat Nomor Induk Koperasi (NIK).

Apa sih Sertifikat NIK (Nomor Induk Koperasi) itu?


Sertifikat NIK diberikan kepada koperasi sebagai apresiasi dan diakui sebagai koperasi aktif secara kelembagaan dan usaha. Hal ini juga merupakan komitmen dari Kementerian Koperasi dan UKM dalam rangka penertiban administrasi bandan hukum koperasi dan memberikan pelayanan kebutuhan informasi legalitas Badan Hukum Koperasi serta memudahkan monitoring, evaluasi, dan pengembangan koperasi secara terarah dan tepat sasaran.

Mekanisme Pemberian Sertifikat Nomor Induk Koperasi (NIK)


Koperasi yang benar-benar aktif dari segi kelembagaan dan usaha akan diberikan sertifikat NIK sebagai berikut:

  • Koperasi mengajukan permohonan kepada Dinas yang membidangi Koperasi dan UKM setempat dan tembusan kepada Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM dengan melampirkan laporan RAT 3 (tiga) tahun buku berturut-turut. Sedangkan untuk koperasi tingkat nasional permohonan ditujukan kepada Deputi Bidang Kelembagaan Koperasi dan UKM dengan tembusan Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM.
  • Kementerian Koperasi dan UKM menerbitkan sertifikat NIK yang dilengkapi dengan QR Code.

Koperasi yang tidak menyelenggarakan RAT tetapi aktif usahanya tetap akan diberi sertifikat NIK tetapi tanpa QR Code.

Manfaat Sertifikat NIK


Manfaat bagi Koperasi:

  • Sebagai syarat pemberi rekomendasi usulan program Pemerintah Pusat dan Daerah.
  • Sebagai syarat permohonan izin usaha baru dan kredit perbankan dan lembaga non bank.
  • Sebagai syarat keikutsertaan dalam pameran dan promosi perdagangan.
  • Syarat kegunaan lainnya yang memerlukan kelegalitasan koperasi dari segi hukum.

Manfaat bagi Pemerintah:

  • Dapat mengidentifikasi kesehatan usaha dan kepatuhan koperasi dalam melaksanakan nilai dan prinsip koperasi.
  • Memudahkan pelayanan kebutuhan informasi tentang kualitas koperasi secara cepat dan akurat.
  • Memudahkan monitoring, evaluasi, dan pengembangan koperasi.
  • Mendorong terwujudnya kerjasama antar Koperasi dengan BUMN, BUMD, dan Swasta dengan prinsip saling menguntungkan.

Itulah seputar info mengenai Sertifikat Nomor Induk Koperasi (NIK), semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.
Read More

Senin, 23 September 2019

Kumpulan Kata Bijak Kopi Terbaik dan Terlengkap

Kopi itu nikmat dan menenangkan, memberikan rasa tersendiri bagi setiap orang. Wajar saja jika mengaitkan kopi dengan berbagai hal, karena kopi itu memiliki cerita. Seperti kumpulan kata bijak atau quotes tentang kopi di bawah ini.

Kata Bijak Kopi Terbaik


"Dari kopi kita belajar, bahwa yang pahit sekalipun masih bisa kita nikmati, dengan hati."

"Minum kopi tanpa gula sama kamu. sama aja sama! manis."

"Kelak, di sebuah beranda, kita berdua akan duduk menghadap senja, nikmati kopi tanpa gula, sebab manis hanya tentang kita."

"Kopi dengan sedikit pahit yang terasa manis hingga tawa pun terlihat manis."

""Cepat minum kopimu sebelum dingin", ujarnya. Padahal aku menyukai kopi bukan tentang panas atau dinginnya."

"Secangkir kopi hitam penuh makna yang mengingatkanku bahwa semanis apapun hidup, rasa pahit akan selalu ada."

"Seperti kopi, kau tak perlu manis untuk disukai ramai orang."

"Hujan adalah cara langit menyatakan cinta pada bumi, sedangkan kopi adalah cara kita merayakan sepi."

"Saya pernah berfikir untuk berhenti minum kopi, tapi saat saya berfikir saya butuh kopi."

"Senja + kopi + vape = Indigo"

"Kopi bisa menghilangkan penatku tapi tak bisa menghilangkan rinduku."

"Hidup ibarat kopi, biarpun pahit tetap dinikmati."

"Cinta tanpa rasa sakit ibarat kopi tanpa rasa pahit, tidak enak dan tidak mungkin."

"Kopi...  Konco sambat."

"Nikmati soremu dengan segelas kopi, tanpa kopi kamu tidak akan bisa merasakan pahitnya nikmat."

"Mari seduh kopi dan sudahi sedih mu."

"Kopi mengajari kita arti tabah yang se-ikhlasnya, arti syukur yang se-lapangnya, dan mengajari kita cara menikmati pahit yang se-ampasnya."

"Rumus hidup tenang = minum kopi tanpa ada rasa dendam, senantiasa selalu ikhlas memaafkan, setiap malam. Sebelum mata terpejam."

"Udah bukan masanya buat main-main lagi, kalo emang cuma mau singgah biar gua sediain kopi biar bisa ngobrol bareng, tapi kalau mau sungguh gua bukain hati biar bisa bareng sampai mati."

"Layaknya secangkir kopi pahit yang kita nikmati dengan senang hati, pun kehidupan, jika kita ikhlas menerima apakah penderitaan itu masih ada lagi...."

Kata Bijak Kopi Pagi


"Pagiku ku awali dengan senyuman, ditemani dengan secangkir kopi yang terasa nikmat dan rokok yang bisa hanya keluar masuk asap tanpa pamitan."

"Selamat pagi, kamu mau kopi, teh atau mau menua bersamaku?"

"Selamat pagi. Awali senin dengan kopi agar jadi good day."

"Bukankah pahitnya kehidupan tetap harus kita jalani? Seperti kopi yang ku seduh pagi ini... Terasa pahit sekali."

Kata Bijak Kopi Malam Hari


"Karena terlalu banyak hal serius yang merumitkan, maka kita butuh semeja bersama, menikmati kopi untuk sekedar merayakan Sabtu malam."

"Hanya kopi yang menemani ku malam ini, tidak dengan senyummu."

"Seruput pelan kopi malam ku, sejuta kisah yang coba ku tuliskan tentang mencintaimu, dari awal cuma kau abaikan hingga akhirnya aku tersingkirkan perlahan."

Kata Bijak Kopi Galau


"Kau adalah kedai kopi yang selalu kukunjungi, sedang hatimu serupa karnaval. Penuh sesak dengan orang-orang yang bukan aku."

"Aku juga suka banget sama kopi, apalagi kalau kopinang aku dengan bismillah."

"Aku bingung rindu yang mana. Rindu kopi buatan abang atau rindu abang yang buatin kopi."

"Kamu itu ibarat ampas kopi, seduhan kedua rasanya gak sama lagi."

"Kopi ini aja sudah pahit, ditambah pula sama kepahitan kisah hidupku."

"Tadi aku bikin kopi pahit banget. Ternyata yang aku masukin bukan gula, tapi kisah kita."

"Kopi itu seperti kamu. Sama-sama menghangatkan."

"Malam mingguku, hanya ditemani secangkir kopi."

"Cukup berteman kopi aku sudah bisa melupakanmu, kini tinggal mencari cara berhenti merindukanmu."

"Benarkah merindu bisa membuat kalut, apakah memang hatinya tidak lagi terpaut? Kurasa kubutuh rasa-rasa kopi yang smooth, jangan-jangan ini cuma aku sedang tidak mood.."

Kata Bijak Kopi Lucu


"Aku terlalu cendol dawet, buat kamu yang kopi senja."

"Malam minggu begadang sambil minum kopi sudah biasa, sekali kali minum duit."

quotes kopi lucu

"Ya Allah masih ngantuk niatnya mau bikin kopi, kukira gula ternyata micin haaaa."

"Guwe gak tau nih, orang lain mah gak bisa tidur kalau minum kopi, tapi guwe malah sebaliknya, gak bisa minum kopi klo tidur. Ada yang salah gak sih..?"

"Cuma penikmat kopi susu. Kopinya diminum, susunya dipegang. Hehe."

"Senja + kopi = maag."

"Kopi+ghibah=syurga duniawi"

"Bersyukurlah jika istrimu cerewet kepadamu. Sebab jika dia cerewet ke lelaki lain, kau tak akan bisa bedakan mana Kopi mana Oli."

"Luwak white kopi...... Kopi nikmat, nyaman, tapi gak sampai jadian."

Semoga bermanfaat.
Read More

Kamis, 19 September 2019

Berbagai Strategi Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Pada Pemilihan Kepala Daerah di Lampung

PEMILU

Halloo.. Sobat

Semoga kita semua dalam kondisi sehat dan berbahagia, kali ini saya akan berbagi informasi yang saya dapatkan ketika mengikuti diskusi publik yang dilakukan oleh KPU Bandar lampung di Hotel Aston Lampung pada 8 Agustus 2019.

Perlu diketahui bahwa KPU Kota Bandar Lampung pada pemilihan 2015 dapat menekan angka golput 7,70%. Ini merupakan parameter strategi yang digunakan KPU Kota Bandar lampung dalam menurunkan angka golput pada tahapan pemutakhiran daftar pemilih dan sosialisasi pemilihan.

Pada PEMILU 2019 partisipasi pemilih di Kota Bandar lampung sebesar 88,6%, melebihi target dari KPU RI sebesar 77,5%.

Pengertian Strategi


Menurut Onong Udjana Effendy strategi pada hakikatnya adalah perencanaan (planning) dan manajemen (management) untuk mencapai suatu tujuan, artinya strategi komunikasi mampu menunjukkan bagaimana operasional di lapangan tentang apa yang harus dilakukan. Seperti melakukan strategi di awal dan di akhir untuk mendapat tujuan itu.

Strategi Meningkatkan Partisipasi Masyarakat


1. Strategi Penguatan


Strategi ini dapat digunakan untuk sebuah kontestan yang telah dipilih karena mempunyai citra dan citra tersebut dibuktikan oleh kinerja politik selama mengemban jabatan publik tertentu.

2.  Strategi Rasionalisasi


Strategi ini dilakukan kepada kelompok pemilih yang sebelumnya telah memilih kontestan tertentu karena kontestan tersebut berhasil mengembangkan citra tertentu yang disukai pemilih akan tetapi kinerjanya kemudian tidak sesuai dengan citra tersebut.

3. Strategi Bujukan


Strategi ini dapat diterapkan oleh organisasi yang mempersepsikan memiliki citra tertentu tapi juga memiliki kinerja yang cocok dengan citra lainnya.

4. Strategi Konfrontasi


Strategi ini diterapkan kepada para pemilih yang telah memilih kontestan dengan citra tertentu yang dianggap tidak cocok oleh pemilih kemudian kontestan tersebut tidak menghasilkan kinerja yang memuaskan pemilih.

Partisipasi Politik


Pasrtisipasi merupakan salah satu aspek penting dalam demokrasi. Partisipasi politik warga masyarakat dalam kegiatan-kegiatan politik baik yang bersifat aktif maupun pasif dan bersifat langsung maupun yang tidak langsung guna mempengaruhi kebijakan yang dikeluarkan pemerintah.

Surbakti (1998:128) menyatakan bahwa: Partisipasi politik sebagai kegiatan warga negara biasa dalam mempengaruhi pembuatan dan pelaksanaan kebijakan umum dan dalam ikut menentukan pemimpin pemerintah.

Bentuk partisipasi Politik


Bentuk-bentuk partisipasi politik dalam pemilu menurut Dedi Irawan dalam Efriza (2012:178), yaitu:

1. Voting (pemberian suara)


Voting adalah bentuk partisipasi yang dapat diukur dengan skala waktu atau periodisasi. Pemberian suara pada pemilu legislatif, pemilu presiden dan wakil presiden, pemilihan kepala daerah, pemilihan kepala desa, dll.

2. Kampanye Politik


Kampanye adalah kegiatan politik yang bertujuan untuk mempengaruhi orang atau kelompok lain agar orang lain atau kelompok lain tersebut mengikuti kegiatan politik yang berkampanye (misalnya dalam pemilu).

3. Aktivitas Group


Kegiatan politik yang digerakkan oleh sebuah kelompok secara sistematis. Misalnya saja demonstrasi, aksi menuntut perubahan politik, teror, dan intimidasi, diskusi politik, dll.

4. Kontak Politik


Kegiatan politik yang biasanya dilakukan oleh individu-individu untuk melakukan komunikasi politik kepada pimpinan partai politik, elit politik, dll.

Modernisasi politik dapat berkaitan dengan aspek politik dan pemerintah. partisipasi politik dalam pemilihan umumnya akan lebih baik karena warga negaranya turut dalam proses pengambilan keputusan dengan tujuan untuk mempengaruhi pengambilan keputusan yang dilakukan pemerintah yakni dengan jalan memberikan hak pilihnya.

Selain bentuk partisipasi di atas, ilmuwan politik mengidentifikasi beberapa kecenderungan perilaku politik masyarakat. Michael Rush dan Althoff dalam Efriza (2012:170) menyebutkan sebagai berikut:

  • Apatis (masa bodoh) dapat diartikan sebagai tidak punya minat atau tidak punya perhatian terhadap orang lain, situasi, atau gejala-gejala.
  • Sinisme diartikan sebagai "kecurigaan yang busuk dari manusia", dalam hal ini dia melihat bahwa politik adalah urusan yang kotor, tidak dapat dipercaya dan menganggap partisipasi politik dalam bentuk apa pun sia-sia dan tidak ada hasilnya.
  • Alienasi sebagai perasaan keterasingan seseorang dari politik dan pemerintahan masyarakat dan kecenderungan berpikir mengenai pemerintahan dan politik bangsa yang dilakukan oleh orang lain untuk orang lain tidak adil.
  • Anomie sebagai suatu perasaan kehidupan nilai dan ketiadaan awal dengan kondisi seseorang individu mengalami perasaan ketidak efektifan dan bahwa para penguasa bersikap tidak peduli yang mengakibatkan devaluasi dari tujuan-tujuan dan hilangnya urgensi untuk bertindak.

Perilaku Pemilih


Terkait perilaku pemilih merupakan pelajaran mengenai alasan dan faktor yang menyebabkan seseorang memilih suatu partai atau kandidat yang ikut dalam kontestasi politik. Perilaku memilih baik sebagai konstituen maupun masyarakat umum di sini dipahami sebagai bagian dari konsep partisipasi politik rakyat dalam sistem perpolitikan yang cenderung demokratis.

Menurut Firmanzah dalam Efriza (2012:480) secara garis besar, pemilih diartikan  sebagai semua pihak yang menjadi tujuan utama para kontestan untuk mereka pengaruhi dan yakinkan agar mendukung dan kemudian memberikan suaranya kepada kontestan yang bersangkutan.

Pemilih dalam hal ini dapat berupa konstituen maupun masyarakat yang merasa diwakili oleh suatu ideologi tertentu yang kemudian dimanifestasikan dalam institusi politik seperti parpol.

Bentuk Perilaku Memilih


  • Partisipasi politik konvensional, yaitu suatu bentuk partisipasi politik yang "normal" dalam demokrasi modern. Contohnya pemberian suara, diskusi politik, membentuk dan bergabung dalam kelompok kepentingan, komunikasi individual dengan pejabat politik dan administrasi.
  • Partisipasi politik non konvensional, yaitu suatu bentuk partisipasi politik yang tidak lazim dilakukan dalam kondisi normal, bahkan dapat berupa kegiatan ilegal, penuh kekerasan dan revolusioner. Contohnya: pengajuan petisis, demonstrasi, konfrontasi, mogok, tindak kekerasan politik terhadap harta benda (perusakan, pengeboman, pembakaran), tindakan kekerasan politik terhadap manusia (penculikan, pembunuhan) perang gerilya dan revolusi.

Strategi yang dilakukan oleh KPU Kota Bandar Lampung diantaranya adalah untuk meningkatkan partisipasi pemilih dengan melakukan penguatan kelembagaan, sosialisasi politik dan strategi pendidikan pemula:
  • Strategi penguatan kelembagaan, dalam penerapannya dengan meningkatkan kapasitas dan kualitas penyelenggaraan dan hal ini adalah PPK, PPS dan KPPS dan meningkatkan komunikasi dan keterbukaan informasi KPU kepada publik.
  • Strategi sosialisasi politik, dalam hal kegiatan yang dilakukan pertemuan dengan tokoh masyarakat, tokoh pemuda, kelompok perempuan dan kelompok mahasiswa. Untuk media yang digunakan adalah media cetak, media massa dan media elektronik.
  • Strategi pendidikan pemilih pemula merupakan salah satu metode KPU dengan memberikan perhatian secara khusus kepada pemilih pemula, dalam hal ini adalah para pelajar SLTA sederajat, dengan program Training of Trainer, PEMILOS, dan Duta Pemilih Pemula.

Itulah informasi yang dapat saya bagikan ketika mengikuti acara tersebut, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.

Sumber: "Strategi Meningkatkan Partisipasi masyarakat Pada Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2020", Fauzi Heri, ST.SH.MH
Read More

Senin, 02 September 2019

Air Dingin Coffee (ADC) Spesialis Kopi Robusta Petik Merah Lampung

Apakah sobat pecinta atau penikmat kopi, jika iya,, harusnya sobat benar-benar meminum kopi ya... bukan beras atau jagung, atau yang lainnya. Perlu diketahui bahwa saat ini banyak sekali produk-produk kopi bubuk yang terbuat bukan dari kopi murni.

Sebagai anak dari petani kopi, saya sudah tidak asing lagi dengan dunia perkopian. Sudah sejak kecil saya mengenal kopi, mulai dari pohon, biji, serta bagaimana proses panennya. Kopi robusta terkenal dengan cara panen yang kurang baik, seperti memanen kopi campuran, kopi yang masih muda juga ikut di panen.

Wajar saja jika banyak petani kopi robusta di daerah saya memanen kopi secara asalan, hal ini dilakukan untuk menghemat biaya ketika panen. Apalagi harga kopi robusta sangat rendah dibandingkan dengan kopi arabika.

Namun saat ini sudah banyak petani kopi di Lampung Barat yang mengolah kopi robusta dengan baik, salah satunya adalah Air Dingin Coffee.

Untuk mendapatkan biji kopi robusta kualitas terbaik dibutuhkan proses ekstra, sehingga menambah biaya dan tenaga. Namun itu bukanlah masalah, karena fokus dari Air Dingin Coffee adalah mendapatkan kopi robusta kualitas juara.

Semua kopi yang diolah oleh Air Dingin Coffee  berasal dari biji kopi petik merah dari para petani di wilayah Air Dingin, Lampung Barat. Kopi diolah dengan tatacara pengolahan kopi terbaik, seperti tidak menjemur di tanah, penjemuran tidak terkena sinar matahari langsung, dan kopi yang dipilih adalah biji kopi terbaik yang tidak bolong, pecah, hitam dan berjamur.

Jika dikategorikan dalam kualitas, maka kopi biji petik merah dari Air Dingin Kopi berada pada angka 9-10 dengan batas ukur 0 adalah kualitas terburuk dan 10 adalah kualitas terbaik.

Bagaimana sobat, apakah tertarik dengan kopi robusta kualitas terbaik, silahkan kunjungi Air Dingin Coffee untuk info lebih lanjut.
Read More

Kamis, 29 Agustus 2019

Pengalaman Bayar Pajak Motor Punya Istri di Samsat Pembantu Pesawaran

Persyaratan bayar pajak motor

Haloo.. teman-teman, semoga sehat selalu ya.!

Kali ini saya akan berbagi pengalaman ketika membayar pajak motor Honda Beat di Samsat Pembantu Kabupaten Pesawaran.

Membayar pajak sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan, namun beberapa orang merasa membayar pajak itu sulit dan ribet. Hal tersebut terjadi karena mereka belum mengetahui proses atau alur membayar pajak.

Untuk itu, melalui blog ini saya berbagi informasi bagaimana dan apa saja syarat membayar pajak motor khususnya di Samsat Pembantu Pesawaran.

Datang ke Samsat Lebih Awal


Saya pergi ke Samsat Pembantu Pesawaran lebih awal, agar lebih cepat selesai. Karena kalau siang bisa terbentur jam istirahat, bisa lama banget bayar pajaknya.

Sekitar jam 9 nan saya sudah ada di Samsat Pembantu Pesawaran, di sana gak banyak yang bayar pajak. Pada waktu itu saya hanya sendirian.

Pertama datang saya langsung ke foto copy di samping kantor Samsat, setelah selesai foto copy saya menuju meja pengambilan formulir pendaftaran, setelah itu langsung menuju ke pendafataran.

Alur membayar pajak yang saya lalui yaitu:

  1. Menyiapkan berkas dan uang
  2. Mengambil formulir pendaftaran
  3. Menuju ruang PENDAFTARAN dan memberikan berkas
  4. Menunggu sebentar, kemudian di panggil untuk melakukan pembayaran di KASIR
  5. Menunggu dipanggil untuk mengambil STNK di bagian PENETAPAN

Persyaratan Pembayaran Pajak Kendaraan 1 Tahun Samsat Pembantu Pesawaran


Persyaratan yang harus disiapkan antara lain:

  1. KTP asli
  2. STNK asli
  3. SKTBP/notice pajak asli tahun lalu
  4. BPKB asli

Jam Pelayanan Samsat Pembantu Pesawaran

  • Senin s/d kamis: jam 08.00 - 14.00 WIB (istirahat: jam 12.00 - 13.00 WIB)
  • Jumat: jam 08.00 - 14.00 WIB (istirahat: jam 11.30 - 13.00 WIB)
  • Sabtu: jam 08.00 - 12.00 WIB
  • Minggu/hari besar lainnya tutup

Untuk  pajak kendaraan 5 tahunan, ganti/cetak STNK di Samsat Induk Rajabasa

Ketika membayarkan pajak motor atas nama istri saya, tidak perlu syarat macam-macam, hanya foto copy KTP.

Itulah pengalaman saya membayar pajak motor, semoga bisa membantu.
Read More

Sabtu, 17 Agustus 2019

50 Politeknik dan Akademi Terbaik di Indonesia Tahun 2019 Menurut RISTEKDIKTI

50 Politeknik dan Akademi Terbaik di Indonesia Tahun 2019 Menurut RISTEKDIKTI

Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia baru saja mengeluarkan hasil klasterisasi perguruan tinggi dalam dua kategori yaitu kategori Perguruan Tinggi Non-Vokasi, yang terdiri dari Universitas, Institut, dan Sekolah Tinggi, dan kategori Perguruan Tinggi Vokasi, yang terdiri dari Politeknik dan Akademi.

Perguruan tinggi vokasi peringkat 1-3 terurut sesuai skornya adalah:

  1. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
  2. Politeknik Negeri Bandung
  3. Politeknik Negeri Malang

Sahabat dapat melihat 50 Politeknik dan Akademi Terbaik hasil klasterisasi Perguruan Tinggi (PT) vokasi tahun 2019 berikut ini.

Klasterisasi Perguruan Tinggi Vokasi Tahun 2019


  1. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
  2. Politeknik Negeri Bandung
  3. Politeknik Negeri Malang
  4. Politeknik Negeri Semarang
  5. Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh
  6. Politeknik Negeri Ujung Pandang
  7. Politeknik Negeri Jakarta
  8. Politeknik Negeri Padang
  9. Politeknik Pertanian Negeri Pangkajene Kepulauan
  10. Politeknik Negeri Bali
  11. Politeknik Negeri Manado
  12. Politeknik Negeri Sriwijaya
  13. Politeknik Caltex
  14. Politeknik Negeri Medan
  15. Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
  16. Politeknik Negeri Lampung
  17. Politeknik Indonusa Surakarta
  18. Politeknik Negeri Lhokseumawe
  19. Akademi Akuntansi YKPN
  20. Politeknik Negeri Madiun
  21. Politeknik Negeri Banjarmasin
  22. Politeknik Pertanian Negeri Kupang
  23. Politeknik Negeri Bengkalis
  24. Politeknik Negeri Jember
  25. Politeknik Negeri Balikpapan
  26. Politeknik Negeri Batam
  27. Akademi Farmasi Yayasan Tenaga Pembangunan Arjuna Lagubati
  28. Politeknik Negeri Pontianak
  29. Politeknik Harapan Bersama
  30. Politeknik Manufaktur Astra
  31. Politeknik Manufaktur Ceper
  32. Akademi Keperawatan Pamenang
  33. Akademi Teknik YKPN
  34. Politeknik Negeri Ambon
  35. Akademi Kebidanan Ummi Khasanah
  36. Politeknik Negeri Samarinda
  37. Politeknik ATMI
  38. Akademi Kebidanan Yapma Makassar
  39. Politeknik Ubaya
  40. Akademi Peternakan Karanganyar
  41. Akademi Teknik Soroako
  42. Politeknik Manufaktur Bandung
  43. Politeknik TEDC
  44. Politeknik Katolik Mangunwijaya
  45. Politeknik Pratama Mulia
  46. Akademi Kesehatan Karya Husada Yogyakarta
  47. Akademi Kebidanan Pelamonia Kesdan VII Wirabuana
  48. AMIK Jakarta Teknologi Cipta
  49. Akademi Keperawatan Panti Kosala
  50. Politeknik Mekatronika Sanata Dharma

Semoga kita dapat belajar di Politeknik dan Akademi terbaik di Indonesia.
Read More

100 Terbaik Klasterisasi Perguruan Tinggi Non-Vokasi 2019 Oleh RISTEKDIKTI


Berikut ini adalah 100 besar hasil klasterisasi Perguruan Tinggi (PT) non-vokasi tahun 2019.

Klasterisasi dilakukan untuk memetakan Perguruan Tinggi Indonesia yang berada di bawah naungan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (RISTEKDIKTI)

Selain itu, klasterisasi dapat dijadikan dasar bagi RISTEKDIKTI untuk melakukan pembinaan perguruan tinggi dalam rangka meningkatkan mutu serta kualitas perguruan tinggi di Indonesia, penyusunan kebijakan untuk meningkatkan kualitas perguruan tinggi, serta memberikan informasi kepada masyarakat umum mengenai performa perguruan tinggi di Indonesia.

100 Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia

  1. Institut Teknologi Bandung (ITB)
  2. Universitas Gadjah Mada (UGM)
  3. Institut Pertanian Bogor (IPB)
  4. Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  5. Universitas Indonesia (UI)
  6. Universitas Diponegoro
  7. Universitas Airlangga
  8. Universitas Hasanuddin
  9. Universitas Brawijaya
  10. Universitas Padjadjaran
  11. Universitas Andalas
  12. Universitas Sebelas Maret
  13. Universitas Sumatra Utara
  14. Universitas Telkom
  15. Universitas Pendidikan Indonesia
  16. Universitas Negeri Yogyakarta
  17. Universitas Islam Indonesia
  18. Universitas Negeri Semarang
  19. Universitas Negeri Malang
  20. Universitas Bina Nusantara
  21. Universitas Jember
  22. Universitas Negeri Surabaya
  23. Universitas Syiah Kuala
  24. Universitas Riau
  25. Universitas Negeri Padang
  26. Universitas Katolik Parahyangan
  27. Universitas San Ratulangi
  28. Universitas Udayana
  29. Universitas Negeri Makassar
  30. Universitas Atma Jaya Yogyakarta
  31. Universitas Surabaya
  32. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya
  33. Universitas Jenderal Sudirman
  34. Universitas Tarumanagara
  35. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  36. Universitas Sriwijaya
  37. Universitas Ahmad Dahlan
  38. Universitas Muhammadiyah Malang
  39. Universitas Sanata Dharma
  40. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  41. Universitas Pendidikan Ganesha
  42. Universitas Trisakti
  43. Universitas Kristen Petra
  44. Universitas Islam Bandung
  45. Universitas Pancasila
  46. Universitas Lampung
  47. Universitas Mataram
  48. Universitas Katolik Soegijapranata
  49. Universitas Mercu Buana
  50. Universitas Negeri Medan
  51. Universitas Dian Nuswantoro
  52. Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya
  53. Universitas Ma Chung
  54. Universitas Kristen Satya Wacana
  55. Universitas Gunadarma
  56. Institut Teknologi Nasional Malang
  57. Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  58. Institut Seni Indonesia Yogyakarta
  59. Universitas Negeri Jakarta
  60. Universitas Djuanda
  61. Universitas Islam Sultan Agung 
  62. Universitas Tanjungpura
  63. Universitas Muhammadiyah Surakarta
  64. Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka
  65. Universitas Pasundan
  66. Universitas Jambi
  67. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas Surabaya
  68. Universitas Trunojoyo
  69. Universitas Al-azhar Indonesia
  70. Institut Teknologi Nasional Bandung
  71. Universitas Kristen Duta Wacana
  72. Universitas Ciputra Surabaya
  73. Universitas Multimedia Nusantara
  74. Universitas Swiss German
  75. Universitas Muhammadiyah Sumatra Utara
  76. Universitas Widya Gama
  77. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  78. Universitas Presiden
  79. Universitas Komputer Indonesia
  80. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Malangkucecwara
  81. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  82. Universitas Lambung Mangkurat
  83. Universitas Narotama
  84. Institut Seni Indonesia Denpasar
  85. Universitas Islam Malang
  86. Universitas Kristen Indonesia
  87. Universitas PGRI Adi Buana
  88. Universitas Mulawarna
  89. Universitas Budi Luhur
  90. Universitas Halu Oleo
  91. Universitas Merdeka Madiun
  92. Universitas Pakuan
  93. Universitas Dr Soetomo
  94. Universitas PGRI Semarang
  95. Universitas Widyatama
  96. Universitas Muhammadiyah Magelang
  97. Universitas Stikubank
  98. Universitas Nasional
  99. Universitas Ibnu Chaldun
  100. Universitas Negeri Gorontalo

Semoga bermanfaat dan dapat kuliah di Universitas Terbaik di indonesia.
Read More