Yudi Hartono
Latest Update
Fetching data...

Jumat, 24 Mei 2019

Akhirnya Satu Persatu Impianku Terwujud Tanpa Aku Sadari


Tuhan Mengabulkan Setiap Doa


Ada ungkapan yang mengatakan bahwa "Tuhan selalu mengabulkan doa kita", dalam kehidupan saya hal tersebut benar-benar terjadi. Banyak hal yang aku inginkan dalam hidup sudah terwujud, aku rasa apa yang terjadi padaku juga terjadi pada banyak orang di luaran sana, mungkin hanya mereka tidak menyadarinya.

Ketika membuat postingan blog, seringkali tidak ada ide. Salah satu alternatif yang paling mudah adalah menulis cerita tentang diri sendiri. Ketika menulis tentang diriku sendiri, aku sering berpikir tentang apa yang sudah terjadi, dan saat itu juga aku tersadar ternyata apa-apa yang dulu aku inginkan sudah aku miliki.

Hidup Adalah Keajaiban


Bagiku kehidupan ini adalah "Keajaiban", banyak hal-hal yang tak pernah terbayangkan sebelumnya terjadi. Ini seperti ketika aku ingin makan nasi goreng kambing, tiba-tiba ada saudara/teman/siapapun yang membawakan nasi goreng kambing seketika itu juga. Padahal di sekitarku tidak ada yang jualan nasi goreng kambing. Ini ajaib dan aku sering mengalami seperti ini.

Sejak SMP aku sangat tertarik dengan dunia internet, apalagi yang berhubungan dengan blog. Pada waktu itu aku sangat ingin sekali memiliki blog, dan keinginan itu sangat besar. Karena dalam perjalanan hidup kadang kita harus berputar untuk mencapai tempat yang di tuju, aku baru memiliki blog setelah 10 tahun kemudian.

Bahkan aku sudah melupakan tujuan untuk membuat blog, karena aku berjalan menuju dunia Perawat, bukan dunia Blog. Tentu saja kehidupanku sebagai perawat sangat jauh sekali dengan skill atau keahlian untuk membuat blog.

Tetapi saat ini tanpa aku sadari aku sudah memiliki blog, dan aku mampu membuatnya sendiri. Tanpa aku sadari blog yang aku miliki saat ini adalah impianku 10 tahun yang lalu. Ini hanya satu cerita tentang impianku yang menjadi kenyataan.

Masih banyak sekali cerita-cerita lainnya tentang impianku yang terwujud. Tuhan sudah banyak memberikan apa yang kita impikan, kadang hanya kita yang tidak menyadarinya, karena tuhan memberikan impian itu tidak secara langsung. Tuhan mewujudkan impian kita dengan caranya sendiri yang kita tidak dapat membayangkannya.

Milikilah Keinginan


Bagi saya memiliki keinginan itu sangat penting, keinginan seperti kemudi otomatis yang membawa kita sampai di tempat yang dituju. Seperti contoh saya tentang keinginan saya mempunyai blog, walaupun saya sempat menjauh dari jalan yang dituju, namun akhirnya saya sampai juga.

Bagi saya memiliki keinginan bukanlah masalah, dan memiliki keinginan yang dianggap mustahil oleh masyarakat boleh-boleh saja. Misalnya ingin punya mobil padahal saat ini motor pun gak punya, jika keinginan tersebut diobrolkan dengan teman, tetangga atau siapapun pasti ada yang menyepelekan keinginan tersebut. Bisa saja mereka berkata, ngaca dong.. motor aja gak punya mau beli mobil.

Yah... karena tanggapan-tanggapan negatif seperti diatas banyak orang tidak berani untuk mempunyai keinginan. Padahal keinginan itu gratis, gak perlu bayar, jadi mengapa takut untuk menginginkannya.

Pernah aku temui seseorang dia tidak memiliki keinginan untuk jadi kaya, padahal hidupnya saat ini dalam kekurangan dan orang tersebut mengeluhkan kondisinya tersebut. Tidak jadi masalah jika seseorang tidak mempunyai keinginan jadi kaya, mungkin saja yang ia inginkan bisa makan saja sudah cukup, jadi seharusnya ia tidak mengeluhkan kondisinya tersebut dan harus menerima.

Itu lah sedikit cerita tentang jalan hidupku, sampai ketemu pada cerita yang lainnya...
Read More

Selasa, 14 Mei 2019

Pengalaman Saya Pake Kapur Ajaib Untuk Membunuh Semut


Semut dan kecoa serta serangga kecil lainnya sangat mengganggu jika berkeliaran di ruangan rumah kita. Saya sendiri sangat jengkel melihat semut ada di ruang tamu, jika 1 atau dua sih tidak masalah. Lha.. ini gerombolan, ternyata mereka berkeliaran mencari makan.

Wajar saja jika banyak semut di ruang tamu, karena di rumah saya ada anak kecil. Mereka kan kalau makan kadang ada yang jatuh, kadang juga ada remeh-remeh.

Karena sangat mengganggu, saya mencari cara untuk mengusir semut tersebut, setelah mencari informasi sana sini, akhirnya saya menggunakan "Bagus Kapur Ajaib" untuk mengusir semut tersebut.

Apa Itu Bagus Kapur Ajaib?


Bagus Kapur Ajaib adalah produk insektisida berbentuk kapur tulis padat, sangat efektif untuk mengendalikan semut, kutu serta membasmi kecoa. Cocok digunakan di dapur, toilet dan daerah yang memiliki gangguan serangga semut atau kecoa.

Cara Menggunakan Kapur Ajaib


Berdasarkan petunjuk yang saya baca di brosur produk, berikut ini adalah cara menggunakan kapur ajaib yang benar:
  1. Lebih efektif digunakan pada malam hari.
  2. Coretkan 2-3 garis dengan jarak 2-3 cm dengan kapur ini pada daerah yang dilewati atau didiami semut serta serangga lainnya. Jika semut melalui jalur kapur dan menyentuh serbuk kapur, maka semut akan mati.
  3. Pada kaki meja makanan, lemari, atau tempat berkumpulnya semut dapat dicoretkan 2-3 garis lingkaran.
  4. Kapur ajaib tidak menyebabkan polusi, tidak menyebabkan keracunan. Apabila tangan menyentuh kapur ini cukup dibersihkan dengan sabun beserta air mengalir. Aman dipakai.
  5. Kapur ajaib dapat dipotong-potong atau dihancurkan menjadi bubuk. Tambahkan bubuk kapur untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.
  6. Jika terkena mata segera bilas dengan air bersih. Bila dalam 10 menit masih berkelanjutan, harap segera bawa ke dokter.

Itulah cara menggunakan kapur ajaib, cukup mudah bukan.

Pengalaman Saya Menggunakan Kapur Ajaib


Saya sendiri sering menggunakan kapur ajaib untuk mengusir semut yang berkeliaran di ruangan. Dari pada menggunakan obat semprot serangga saya lebih suka menggunakan kapur ajaib karena terbukti efektif untuk mengusir semut. 

Di tempat yang sering dilalui semut, saya menaburkan serbuk kapur ajaib dengan cara mengerik batang kapur ajaib dengan pisau. Tidak perlu banyak-banyak, asalkan sudah ada serbuk kapur ajaib dan semut melewatinya pasti akan mati, gak perlu serbuk yang sampai menebal.

Lebih efektif lagi jika bisa menemukan sarang semutnya, langsung taburin dengan kapur ajaib pasti mati semua.

Pada waktu itu semut hitam berjalan beriringan tanpa putus dari pojok rumah ke pojok yang lainnya. Jika menggunakan obat semprot kita harus menyemprotkan ke semua area semut tersebut berada, namun jika menggunakan kapur ajaib cukup menaburkan saja pada jalan yang dilalui semut tersebut, dan ternyata semutnya mati semua. 

Semoga bermanfaat ya...
Read More

Apakah Mudah Mendapatkan Banyak Uang dari Blog?


Mendengar atau membaca kisah sukses blogger dengan pendapatan puluhan juta rupiah mungkin dapat membuat Anda tertarik untuk menjadi seorang blogger. Yah,, memang kisah sukses selalu saja menebarkan virus-virus yang membuat pembaca ingin menjadi seperti orang sukses dalam kisah tersebut.

Kisah sukses banyak menceritakan sesuatu yang didapatkannya bukan yang dilakukannya, kisah sukses blogger menceritakan pendapatan 20 juta perbulan dengan hanya bekerja pake kaos oblong serta celana kolor di rumahnya.

Wah.. sepertinya itu idaman semua orang, nyantai dirumah namun tetap digaji, enak sekali ya.. kehidupan orang tersebut. Itulah pikiran kebanyakan orang ketika mendengar atau membaca kisah sukses para blogger.

Wajar saja jika saat ini banyak orang yang tertarik terjun di dunia blogger, karena tergiur dengan penghasilan yang besar serta jam kerja yang bebas, tidak ada aturan.

Namun perlu Anda ketahui, bahwa di setiap kesuksesan di dalam bidang apa pun diperlukan kerja keras dan kerja cerdas. Semua orang bisa menjadi blogger namun tidak semua blogger bisa sukses.

Jika Anda hobi menulis, itu adalah modal yang sangat membantu Anda untuk menjadi blogger sukses. Namun kenyataannya tidak semua blogger menyukai apa yang harus dilakukan sebagai seorang blogger, tetapi mereka hanya menyukai hasilnya saja.

Khayalan Blogger Pemula


Bangun pagi pakai kolor, nyantai sambil minum kopi, membaca berita, jika mau olahraga lari pagi, abis itu mandi dan mulai menulis postingan blog. Menulis artikel untuk 1 postingan kurang labih 2 jam setelah itu nyantai lagi dan tinggal menunggu gajian dari adsense.

Banyak uang, kerja santai, gak ada yang ngatur-ngatur. Bebas mau kemana saja, bebas mau ngapain aja namun tetep gajian tiap bulan. Wahh..! Pekerjaan yang sangat keren sekali.

Hal di atas sangat mungkin untuk dialami oleh seorang blogger, namun bukan blogger sembarangan. Hanya blogger sukses yang bisa mengalami hal seperti di atas, namun perlu diketahui bahwa sebelum sukses, seorang blogger harus bekerja keras, bahkan tanpa kenal waktu, tanpa memperhatikan kesehatannya, terus membuat artikel-membuat lagi dan lagi.

Menjawab pertanyaan judul di atas.

Apakah Mudah Mendapatkan Banyak Uang dari Blog?


Jawabannya tergantung Anda sendiri. Jika Anda mempunyai keahlian di dalam blog seperti pandai membuat postingan dan juga SEO, mendapatkan banyak uang dari blog sangat mudah, dan sangat mungkin sekali.

Namun jika Anda tidak memiliki keahlian di dunia blogging, mendapatkan uang dari blog tidaklah mudah, walaupun itu sangat mungkin.

Kesimpulan

Sukses sebagai seorang blogger dengan penghasilan puluhan juta per bulan sangat mungkin sekali, namun untuk mencapainya diperlukan kerja keras dan cerdas.

Semoga membantu.
Read More

Kamis, 18 April 2019

Malaria Penyakit Menular yang Berbahaya, Ketahui Tanda dan Gejala

yudihartono.com Kita semua sudah tidak asing lagi dengan penyakit malaria, walaupun begitu masih banyak orang yang belum mengetahui apa itu penyakit malaria. Melalui blog ini saya akan memberikan informasi tentang malaria.

Bebas Malaria Prestasi Bangsa


Dalam rangka memperingati hari Malaria yang diperingati setiap 25 April, Kementrian Kesehatan mengadakan temu blogger kesehatan di Novotel Lampung pada tanggal 15 April 2019 dengan tema "Bebas Malaria Prestasi Bangsa". Acara tersebut diselenggarakan untuk meningkatkan komitmen pemerintah daerah dan pemangku kepentingan terkait serta peran aktif seluruh komponen masyarakat untuk mewujudkan Indonesia bebas malaria.

Sejalan dengan tujuan acara tersebut, saya sebagai perawat yang juga menulis artikel tentang kesehatan di blog, saya mempunyai kewajiban untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang penyakit malaria. Hal ini merupakan bentuk peran aktif saya sebagai anggota masyarakat untuk mewujudkan Indonesia bebas malaria.

Informasi mengenai penyakit malaria, mulai dari definisi, gejala, serta pencegahannya dapat Anda baca di bawah ini.

Gambar: pixabay.com

Apa Itu Malaria?


Malaria adalah penyakit menular yang berbahaya, ditularkan melalui gigitan nyamuk anopheles. Malaria dapat menyerang semua golongan umur mulai dari bayi, anak-anak hingga orang dewasa. Malaria menjadi sangat berbahaya pada ibu hamil, karena akan menyebabkan anemia, keguguran, bayi lahir mati, Berat Badan Bayi Lahir Rendah (BBLR), dan kematian ibu.

Angka kejadian malaria di dunia masih tinggi, setiap tahun terdapat 300-500 juta kasus malaria di dunia. Berdasarkan data WHO pada tahun 2006 terdapat 250 juta kasus malaria dan menyebabkan 1 juta kematian, terutama anak balita.

Penyebab dan Gejala Malaria


Malaria dapat menular dari orang ke orang oleh nyamuk Anopheles yang membawa parasit malaria atau Plasmodium.

Orang yang menderita malaria akan mengalami gejala malaria berupa demam, menggigil dan berkeringat (trias malaria), bisa juga disertai diare, mual, muntah, sakit kepala, nyeri otot atau pegal-pegal (malaria tanpa komplikasi).

Jika tidak ditangani dengan tepat gejala yang ditimbulkan bisa lebih parah seperti gangguan kesadaran, kejang, panas yang sangat tinggi, mata dan kulit kuning, perdarahan di hidung, gusi, dan saluran pencernaan, nafas cepat dan/atau sesak, warna air seni seperti teh tua sampai kehitaman, telapak tangan sangat pucat (malaria komplikasi).

Pada anak-anak malaria cepat menjadi gawat hingga koma dan meninggal. Anak balita sangat rentan tertular malaria karena daya tahan yang kurang.

Orang yang menderita malaria dapat menulari 25 orang sehat di sekitarnya dalam jangka waktu kurang lebih 3 bulan. Untuk itu pencegahan dan pengobatan dini menjadi sangat penting dapat menolong banyak jiwa.

Peran masyarakat sangat diperlukan dalam penanganan penyakit malaria, masyarakat dapat melakukan pencegahan malaria dengan menggunakan kelambu berinsektisida, penyemprotan rumah penduduk pada daerah endemis serta pengendalian vektor lainnya, seperti menjaga kebersihan rumah dan lingkungan serta membunuh jentik-jentik dengan menebarkan ikan pemakan jentik dan pemberian larvasida.

Yang Harus Diketahui tentang Malaria


Ada beberapa hal penting yang harus diketahui oleh keluarga dan masyarakat tentang “Malaria” sehingga kasus malaria dapat ditekan kejadiannya.

#1 Malaria ditularkan melalui gigitan nyamuk anopheles


Nyamuk yang menularkan parasit malaria adalah nyamuk anopheles. Bila nyamuk anopheles menggigit penderita malaria lalu menggigit orang sehat, maka parasit malaria ditularkan ke badan orang sehat tersebut sehingga akan menderita malaria.


Ciri khas nyamuk anopheles

Jika diperhatikan lebih lanjut ada beberapa ciri pada nyamuk anopheles seperti jika menggigit badannya menungging dan setelah menggigit nyamuk beristirahat pada dinding rumah yang gelap dan lembab, di bawah meja, di kolong tempat tidur dan di belakang lemari.

Ciri lainnya adalah nyamuk anopheles hanya menggigit pada malam hari, di dalam maupun luar rumah.

Tidur memakai kelambu insektisida sangat dianjurankan untuk menghindarkan gigitan serta membunuh nyamuk anopheles.

2 macam kelambu insektisida

  • Kelambu yang sudah dilapisi insektisida oleh pabrik.
  • Kelambu yang dicelup sendiri oleh masyarakat dengan racun serangga/insektisida (kelambu celup) setiap enam bulan sekali.

Kelambu insektisida aman bagi manusia dan telah digunakan oleh banyak negara di dunia. Jumlah insektisida yang digunakan dalam kelambu sangat kecil pengaruhnya bagi manusia, termasuk bayi baru lahir.

Bayi dan balita harus tidur memakai kelambu berinsektisida. Jika tidak ada kelambu berinsektisida, keluarga dapat menggunakan kelambu biasa dengan ukuran yang besar sehingga semua anak yang masih kecil dapat tidur di dalam kelambu tersebut. Bayi yang masih menyusu harus tidur bersama ibunya dalam satu kelambu.

Kelambu khusus harus terus digunakan, juga pada saat tidak banyak nyamuk.  Jika tidak dapat memakai kelambu, ada beberapa cara lain yang dapat membantu untuk menghindari gigitan nyamuk, seperti :

  1. Tutup pintu dan jendela dengan kawat atau kasa nilon untuk mencegah nyamuk masuk ke dalam rumah. 
  2. Hindari pergi di malam hari, jika pergi:
    • Gunakan pakaian pelindung yang menutupi lengan dan kaki. 
    • Gunakan krim kimia penangkal nyamuk pada kulit yang tidak tertutup pakaian.
    • Gunakan obat nyamuk bakar (khususnya saat berada di luar) yang mengeluarkan asap.
  3. Semprot ruangan dengan insektisida sebelum tidur setiap malam. Oleh karena semprotan insektisida tersebut hanya efektif untuk beberapa jam, metode ini harus digunakan dengan kombinasi tindakan pencegahan lainnya, misalnya pintu dan jendela yang dipasang kasa.

#2 Anak-anak di daerah endemis malaria berada dalam keadaan bahaya


Bila anak di daerah endemis malaria mengalami demam, kemudian anak tidak mau makan, muntah-muntah, lesu atau uring-uringan (rewel), anak tersebut harus segera dibawa ke sarana pelayanan kesehatan terdekat untuk dilakukan pemeriksaan darah, baik secara RDT (Rapid Diagnostic Test) atau mikroskopis, dan diberi obat anti malaria sesuai petunjuk dari petugas kesehatan bila hasil pemeriksaan darahnya positif.

Terlambat menolong anak yang demam karena malaria, walau hanya sehari, dapat mengakibatkan kematian. Petugas kesehatan dapat memberi petunjuk mengenai obat yang paling tepat dan berapa lama harus dilanjutkan.

Anak yang terkena malaria harus terus minum obat sesuai petunjuk dokter meskipun sudah tidak demam lagi. Jika pengobatan tidak tuntas, malaria akan menjadi lebih parah dan sulit diobati. Jadi meminum obat malaria sesuai dengan dosis yang diberikan menjadi sangat penting sekali.

#3 Malaria sangat berbahaya bagi ibu hamil


Pada daerah endemis malaria, kebanyakan ibu hamil dengan parasit malaria dalam darahnya tidak menunjukkan gejala malaria. Meskipun ibu hamil tidak merasa sakit, infeksi malaria masih dapat mempengaruhi kesehatannya dan bayinya.

Ibu hamil lebih berisiko terinfeksi malaria karena kehamilan mereka mengurangi kekebalan terhadap malaria. Ibu hamil menghadapi peningkatan risiko malaria sebagai berikut:

  • Ibu hamil memiliki risiko terinfeksi dua kali lebih besar dibandingkan wanita tidak hamil.
  • Ibu yang hamil untuk pertama atau kedua kalinya memiliki risiko lebih besar menderita malaria berat.

Penyakit malaria dapat berakibat buruk pada lima keadaan; anemia (kurang darah), berat badan lahir rendah, keguguran, lahir sebelum waktunya dan bayi lahir mati.

Bayi yang lahir dari ibu yang terjangkit malaria pada saat kehamilan kemungkinan berat badan bayi lahir rendah dan lebih mudah terkena infeksi atau meninggal sebelum berumur setahun.

Ibu hamil tidak dianjurkan minum obat anti malaria untuk pencegahan, yang dianjurkan adalah menghindari gigitan nyamuk yaitu dengan menggunakan kelambu berinsektisida. Ibu hamil harus segera mulai menggunakan kelambu saat tidur begitu tahu mereka hamil.

Ibu hamil yang menderita malaria harus segera diobati untuk mencegah komplikasi malaria bahkan sampai kematian.

Malaria menyebabkan penderita kekurangan darah (anemia) karena parasit merusak sel darah merah dan pada malaria jenis tertentu, parasit menyerang sel darah merah yang masih muda (retikulosit). Selain itu juga karena adanya parasit menyebabkan sel darah merah yang tidak terinfeksi juga mudah rusak. Karena itu penderita malaria harus mendapatkan zat besi dan asam folat untuk mencegah anemia.

#4 Anak yang terserang malaria memerlukan banyak makan dan minum


Malaria menimbulkan demam sehingga membakar energi yang akan kehilangan lebih banyak cairan. Oleh karena itu anak harus diberikan minum dan makanan lebih sering untuk mencegah terjadinya kekurangan gizi dan dehidrasi.

Masyarakat yang kekurangan gizi dan tinggal di daerah endemis malaria lebih rentan terhadap infeksi malaria.

Pada bayi pemberian ASI dapat mencegah dehidrasi dan membantu anak menghadapi dampak infeksi, termasuk malaria. Bayi yang menderita malaria harus diberi ASI sesering mungkin.

Infeksi malaria yang berulang dapat menghambat pertumbuhan anak dan perkembangan otaknya. Infeksi malaria yang berulang juga dapat menyebabkan anemia. Anak yang menderita malaria harus diperiksa apakah ia juga mengalami anemia.

#5 Jaga kebersihan lingkungan untuk menghentikan perkembangan nyamuk


Malaria adalah masalah kita bersama, sehingga diperlukan kerjasama antar warga juga pemerintah untuk mengatasinya. Keluarga dan masyarakat dapat mencegah malaria dengan menjaga kebersihan lingkungan untuk menghentikan perkembangan nyamuk.

Menjaga kebersihan lingkungan tidak dapat dilakukan sendiri, tetapi harus dilakukan oleh semua anggota masyarakat. Kegiatan menjaga kebersihan lingkungan yang dapat dilakukan adalah:

  • Membersihkan rumput, semak-semak di tepi saluran dan sekitar rumah.
  • Melipat kain yang bergantungan di dalam rumah.
  • Usahakan di dalam rumah tidak ada tempat yang gelap dan lembab.
  • Mengalirkan genangan air atau mengeringkan air yang tergenang serta membunuh jentik nyamuk dengan menebarkan ikan pemakan jentik dan pemberian larvisida.

Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa malaria adalah penyakit yang berbahaya, jika mengalami gejala malaria harus segera periksakan diri ke pelayanan kesehatan, menjaga kebersihan lingkungan sangat besar peranannya untuk mencegah penularan malaria.
Read More

Senin, 18 Maret 2019

Alamat dan Jadwal Praktek Dokter di Benmari Pringsewu

yudihartono.com Apakah Anda tinggal di Pringsewu Lampung dan akan berobat, tetapi tidak tau mau berobat ke mana, berikut ini saya akan memberikan informasi mengenai jadwal praktek dokter di Apotik Benmari Pringsewu Provinsi Lampung.

Menurut saya berobat dengan dokter yang tepat sangat berpengaruh dengan kesembuhan, sebaiknya berobat sesuai dengan spesialisnya. Misalnya jika sakit gigi lebih baik ke dokter gigi, dibandingkan berobat ke dokter spesialis kulit.

Yang jadi masalah kadang kita tidak tau mau berobat ke dokter spesialis yang mana, karena kita tidak tahu yang disebabkan tidak mempunyai informasi yang cukup. Misalnya penyakit ginjal, sebaiknya berobat kemana ya..!

Daripada menebak-nebak, sebaiknya bertanya langsung ke petugas kesehatan, atau jika Anda punya kenalan, teman, saudara, atau tetangga yang memiliki basic kesehatan bisa bertanya ke mereka mengenai dokter yang sesuai dengan penyakitnya.

praktek dokter klinik benmari pringsewu

Tempat dan Jadwal Praktek Dokter di Apotik Benmari Pringsewu


Jika Anda sudah tau mau ke dokter spesialis apa, informasi yang juga sangat penting adalah mengetahui tempat dan jadwal praktek dokter tersebut. Berikut ini adalah jadwal praktek dokter spesialis di Apotik Benmari Pringsewu Lampung.

dr. H. Zulkarnaen, Sp.Kj


Praktek  Hari Sabtu
Sore: 15.00 - 17.00 WIB

dr. H. Gambiro W, Sp.B


Praktek Sore: 16.00 - 18.00 WIB

dr. Masagus Nangutih, Sp.Pd


Praktek
Pagi: 09.30 - 12.00 WIB
Sore: 16.00 - 20.00

Faizal, Smph


Fisioterapi
Praktek
Sore: 16.00 - 18.00 WIB

drg. Endi Zefri Eryadi


Praktek
Senin s/d Sabtu Pukul 16.30-19.00

Fasilitas di Benmari


  • Praktek dokter bersama
  • Apotik
  • Rontgen

Informasi Lebih Lanjut


Apabila ada yang kurang atau tidak jelas dapat menghubungi di:

Laboratorium  dan Rontgen Benmari

Jl. Ahmad Yani No. 1007 Pringsewu
Telpon (0729) 23383
Read More

Kamis, 07 Maret 2019

Cara Menggunakan Berotec Inhaler Dengan Benar

yudihartono.com Menggunakan Berotec inhaler sebenarnya sangat mudah dan gampang, tetapi masih banyak orang yang kurang benar cara menggunakannya. Kemungkinan besar banyak pasien yang tidak mendapatkan informasi bagaimana cara yang benar menggunakan oabat inhaler Berotec.

Melalui postingan ini saya akan berbagi mengenai cara menggunakan berotec yang disertai dengan gambar sehingga mudah dipahami dan dipraktekkan. Artikel ini saya tulis melalui berbagai sumber dan juga pengalaman saya ketika bekerja di Klinik Paru.

Gambar: www.boehringer-ingelheim.com

Berotec Inhaler adalah obat yang mengandung Fenoterol yang digunakan untuk mengobati sakit Asma dan penyakit pernafasan lainnya karena penyempitan saluran nafas.

Indikasi Berotec


Pencegahan Asma karena aktivitas fisik, Asma Akut, Asma Bronkial, dan kondisi lainnya dimana terjadi penyempitan saluran nafas yang bersifat refersibel.

Hal yang harus diketahui tentang Berotec


  • Gunakan inhaler Berotec seperti yang dikatakan dokter.
  • Jauhkan Inhaler dari jangkauan anak-anak
  • Setelah selesai dengan inhaler, buang dengan hati-hati atau kembalikan ke apoteker. Jangan membakar atau menusuk bahkan jika itu kosong.


Cara Menggunakan Berotec Inhaler


cara menggunakan inhaler berotec obat asma
Cara Menggunakan Berotec

Keterangan Gambar:
  1. Lepaskan tutup dari corong dan kocok inhaler dengan penuh semangat.
  2. Pegang inhaler seperti pada gambar, buang napas dengan lembut (tetapi tidak sepenuhnya) dan kemudian segera ...
  3. Tempatkan corong di mulut dan tutup bibir Anda. Setelah mulai bernapas perlahan-lahan dan dalam melalui mulut Anda, tekan inhaler dengan kuat untuk melepaskan Berotec seperti yang ditunjukkan pada gambar, dan terus bernapas.
  4. Tahan napas selama 10 detik, atau sekuat Anda, lalu bernapas perlahan.

Menguji inhaler Anda


Untuk memastikan inhaler Anda berfungsi, semprotkan ke udara sebelum menggunakannya untuk pertama kali dan kapan pun inhaler Anda tidak digunakan selama seminggu atau lebih. Jika tidak ada obat yang keluar, semprotkan lagi sampai obat keluar.

Cara Membersihkan Inhaler Berotec


Penting untuk membersihkan inhaler Berotec Anda secara teratur, jika tidak inhaler mungkin tidak berfungsi dengan baik.

Lepaskan tabung dan penutup debu, cuci dan bersihkan corong abu-abu dengan air sabun hangat, bilas dengan air hangat dan kemudian keringkan.

Lubang kecil di sisi batang katup kadang tersumbat saat digunakan. Ini dapat dengan mudah dibersihkan dengan pin.

Jika ada yang tidak Anda pahami bisa beri komentar di bawah, atau tanyakan kepada apoteker/dokter Anda. Menggunakan obat Inhaler Berotec dengan benar sangat penting, karena memakai obat inhaler dengan benar, dosisi obat yang masuk ke dalam paru-paru juga tepat, sesuai yang diberikan dokter sehingga pengobatan menjadi optimal.
Read More

Rabu, 06 Maret 2019

Biaya dan Cara Memperpanjang SIM Keliling di Bandar Lampung

SIM adalah surat yang sangat penting bagi pengendara baik motor maupun mobil. Begitu juga dengan saya, SIM sangat penting sekali, oleh karena itu saya memperpanjang masa berlakunya. Dan inilah cerita saya ketika memperpanjang SIM C di di Museum Lampung.

Menurut Pasal 77 ayat (1) UU No.22 Tahun 2009, Surat Izin Mengemudi (SIM) adalah bukti registrasi dan identifikasi yang diberikan oleh Polri kepada seseorang yang telah memenuhi persyaratan administrasi, sehat jasmani dan rohani, memahami peraturan lalu lintas dan terampil mengemudikan kendaraan bermotor. Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan wajib memiliki Surat Izin Mengemudi sesuai dengan jenis Kendaraan Bermotor yang dikemudikan.

Tanggal 12 Februari 1998 adalah hari kelahiran saya, dan saya tersadar bahwa saya bertambah tua. Mengingat tentang hari kelahiran saya jadi teringat bahwa SIM C saya habis masa berlaku sampai 12 Februari 2019.

Sebenarnya saya agak malas untuk memeperpanjang SIM C karena gak tau dimana mobil perpanjangan SIM keliling mangkal, selain itu saya tinggal di Gedong Tataan dimana jaraknya cukup jauh dari Bandar Lampung. Karena begitu pentingnya mempunyai SIM, saya memaksa diri saya sendiri untuk mengurusnya.


Jadwal dan Lokasi Pelayanan Mobil SIM Keliling di Bandar Lampung


Hal pertama yang saya lakukan adalah mencari informasi di mana saja tempat mangkal mobil SIM keliling. Dari informasi yang saya dapatkan, berikut ini adalah tempat mangkal Mobil SIM Keliling di Bandar Lampung.

  • Museum Lampung, Jl ZA Pagar Alam
  • Gerbang BKP (Bukit Kemiling Permai)
  • Giant Supermaket, Kedaton, Jl ZA Pagar Alam
  • Jam Operasional 10.00 WIB s/d Selesai

Yang Saya Siapkan untuk Membuat SIM (persyaratan perpanjang SIM)

  • Foto copy KTP (harus sudah EKTP) 2 lembar
  • Foto copy SIM 2 lembar

Sebenernya untuk memperpanjang SIM butuh surat sehat dari dokter yang sudah memiliki SIP. Pada waktu itu saya mencoba untuk membuat surat sehat di Puskesmas Kemiling. Jam 09.30 saya sudah di Puskesmas, karena antrian panjang akhirnya saya memutuskan untuk tidak membuat surat sehat. Saya langsung cabut menuju Museum Lampung.

Di Museum Lampung saya bertanya kepada seseorang di dekat parkir motor, apakah bisa buat surat sehat di sini pak? Bapak tersebut berkata, Surat sehatnya bisa dibuat di sini Mas. Wahh.. saya lega, karena gak harus mondar mandir dan antri untuk membuat surat sehat.

Proses Perpanjangan SIM Keliling di Museum Lampung


#1 Pendaftaran
  • Tempat daftar pas di belakang mobil
  • Biaya gratis / Seikhlasnya jika mau banyar.

#2 Tes Psikologi
  • Lokasi di samping mobil
  • Biaya tes psikologi Rp 100.000

#3 Tes Kesehatan (Surat Sehat)
  • Lokasi di samping mobil
  • Biaya tes kesehatan Rp 25.000

#4 Foto dan Pengambilan SIM
  • Lokasi di dalam mobil
  • Biaya perpanjang SIM C Rp 75.000

Pendapat Saya Tentang SIM Keliling


Mengurus perpanjangan SIM di Mobil SIM Keliling Museum Lampung sangat mudah dan gampang. Prosesnya transparan dan juga gak ribet. Mungkin yang jadi kendala adalah males ngantri, heee.. Untuk itu sebaiknya Anda datang lebih awal, karena banyak juga yang memperpanjang SIM di Museum Lampung.

Secara sederhana, proses memperpanjang SIM di Museum Lampung adalah membawa KTP dan SIM asli beserta foto copynya 2 lembar, lalu daftar dan ikuti prosesnya, sudah jadi lah SIM yang baru.
Read More