Biaya dan Cara Memperpanjang SIM Keliling di Bandar Lampung - Yudi Hartono
Latest Update
Fetching data...

Rabu, 06 Maret 2019

Biaya dan Cara Memperpanjang SIM Keliling di Bandar Lampung

SIM adalah surat yang sangat penting bagi pengendara baik motor maupun mobil. Begitu juga dengan saya, SIM sangat penting sekali, oleh karena itu saya memperpanjang masa berlakunya. Dan inilah cerita saya ketika memperpanjang SIM C di di Museum Lampung.

Menurut Pasal 77 ayat (1) UU No.22 Tahun 2009, Surat Izin Mengemudi (SIM) adalah bukti registrasi dan identifikasi yang diberikan oleh Polri kepada seseorang yang telah memenuhi persyaratan administrasi, sehat jasmani dan rohani, memahami peraturan lalu lintas dan terampil mengemudikan kendaraan bermotor. Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan wajib memiliki Surat Izin Mengemudi sesuai dengan jenis Kendaraan Bermotor yang dikemudikan.

Tanggal 12 Februari 1998 adalah hari kelahiran saya, dan saya tersadar bahwa saya bertambah tua. Mengingat tentang hari kelahiran saya jadi teringat bahwa SIM C saya habis masa berlaku sampai 12 Februari 2019.

Sebenarnya saya agak malas untuk memeperpanjang SIM C karena gak tau dimana mobil perpanjangan SIM keliling mangkal, selain itu saya tinggal di Gedong Tataan dimana jaraknya cukup jauh dari Bandar Lampung. Karena begitu pentingnya mempunyai SIM, saya memaksa diri saya sendiri untuk mengurusnya.


Jadwal dan Lokasi Pelayanan Mobil SIM Keliling di Bandar Lampung


Hal pertama yang saya lakukan adalah mencari informasi di mana saja tempat mangkal mobil SIM keliling. Dari informasi yang saya dapatkan, berikut ini adalah tempat mangkal Mobil SIM Keliling di Bandar Lampung.

  • Museum Lampung, Jl ZA Pagar Alam
  • Gerbang BKP (Bukit Kemiling Permai)
  • Giant Supermaket, Kedaton, Jl ZA Pagar Alam
  • Jam Operasional 10.00 WIB s/d Selesai

Yang Saya Siapkan untuk Membuat SIM (persyaratan perpanjang SIM)

  • Foto copy KTP (harus sudah EKTP) 2 lembar
  • Foto copy SIM 2 lembar

Sebenernya untuk memperpanjang SIM butuh surat sehat dari dokter yang sudah memiliki SIP. Pada waktu itu saya mencoba untuk membuat surat sehat di Puskesmas Kemiling. Jam 09.30 saya sudah di Puskesmas, karena antrian panjang akhirnya saya memutuskan untuk tidak membuat surat sehat. Saya langsung cabut menuju Museum Lampung.

Di Museum Lampung saya bertanya kepada seseorang di dekat parkir motor, apakah bisa buat surat sehat di sini pak? Bapak tersebut berkata, Surat sehatnya bisa dibuat di sini Mas. Wahh.. saya lega, karena gak harus mondar mandir dan antri untuk membuat surat sehat.

Proses Perpanjangan SIM Keliling di Museum Lampung


#1 Pendaftaran
  • Tempat daftar pas di belakang mobil
  • Biaya gratis / Seikhlasnya jika mau banyar.

#2 Tes Psikologi
  • Lokasi di samping mobil
  • Biaya tes psikologi Rp 100.000

#3 Tes Kesehatan (Surat Sehat)
  • Lokasi di samping mobil
  • Biaya tes kesehatan Rp 25.000

#4 Foto dan Pengambilan SIM
  • Lokasi di dalam mobil
  • Biaya perpanjang SIM C Rp 75.000

Pendapat Saya Tentang SIM Keliling


Mengurus perpanjangan SIM di Mobil SIM Keliling Museum Lampung sangat mudah dan gampang. Prosesnya transparan dan juga gak ribet. Mungkin yang jadi kendala adalah males ngantri, heee.. Untuk itu sebaiknya Anda datang lebih awal, karena banyak juga yang memperpanjang SIM di Museum Lampung.

Secara sederhana, proses memperpanjang SIM di Museum Lampung adalah membawa KTP dan SIM asli beserta foto copynya 2 lembar, lalu daftar dan ikuti prosesnya, sudah jadi lah SIM yang baru.

Add your comment
EmoticonEmoticon