Widget HTML #1

Pantangan Gondongan yang Harus Dihindari Agar Cepat Sembuh

Makanan yang tidak boleh dimakan penyakit gondongan

Apa Itu Gondongan?

Gondongan adalah suatu penyakit dimana terjadi pembengkakan pada kelenjar parotis yang dikarenakan oleh infeksi virus kelompok paramyxovirus. Penyakit ini banyak menyerang anak-anak, yang ditandai dengan membesarnya ruang muka sisi bawah, dan di sekitaran telinga. Gondongan termasuk penyakit yang dapat menular..

Cara Penularan Gondongan?

Gondongan dapat menular lewat ludah, jadi orang sehat yang terkontaminasi ludah pasien gondongan kemungkinan dapat tertular. Ludah dapat menyebar ke orang yang lain lewat batuk, bersin, atau bertukar alat makan. Penyebaran penyakit ini cepat sekali, cuma beberapa waktu saja. Karena itu supaya tidak tertular, sebaiknya hindari kontak dengan anak yang terserang gondongan.

Tanda dan Gejala Gondongan

Orang yang terkena gondongan ditandai dengan adanya pembengkakan pada kelenjar parotis, Selain itu terdapat juga tanda dan gejala lainnya sebagai berikut:
  • Wajah bagian bawah tampak bengkak
  • Nyeri saat mengunyah dan menelan makanan
  • Demam
  • Sakit kepala
  • Nyeri perut
  • Lelah, dan tidak nafsu makan.

Jika anak mengalami gejala seperti di atas sebaiknya segera periksa ke dokter supaya memperoleh diagnosis serta pengobatan yang tepat. Meskipun bukan adalah penyakit yang serius, serta bisa pulih dengan sendirinya, berobat ke dokter bisa mengetahui apakah anak betul-betul terserang gondongan atau tidak. Sehingga penanganan yang dilakukan tepat.

Pengobatan Gondongan 

Tidak ada obat yang dengan spesifik bisa mengobati gondongan, penyakit ini bisa pulih sendiri dengan adanya sistem kekebalan tubuh. Akan tetapi ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk mengurangi gejala yang ditimbulkan seperti hindari makanan asam, banyak minum air putih dan mengkompres sisi yang abuh dengan air hangat.

Untuk kurangi tanda-tanda seperti demam serta ngilu dapat diberikan obat anti ngilu seperti paracetamol serta ibuprofen. Disarankan pada anak supaya semakin banyak beristirahat.

Pantangan Gondongan yang Harus Dihindari

Buat pasien gondongan, ada banyak makanan yang perlu dijauhi, seperti dijelaskan di atas pasien gondongan dilarang konsumsi makanan yang memiliki kandungan asam karena akan memperparah peradangan yang berlangsung pada kelenjar parotis.

Makanan asam sangat banyak, seperti cuka, asam, dan buah buahan yang masih muda. Pasien gondongan disarankan tidak untuk konsumsi makanan dengan struktur keras, sebab akan meningkatkan ngilu saat proses kunyah, karena itu makanan lunak sangat dianjurkan buat pasien penyakit ini.

Makanan yang Disarankan 

Untuk mempercepat proses pengobatan, anak disarankan untuk konsumsi makanan yang bergizi, sehingga akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dianjurkan minum air putih untuk menghindari dehidrasi saat berlangsung demam.

Konsumsi makanan yang banyak kandungan vitamin C seperti buah serta sayur. Buah yang banyak terkandung vitamin C adalah jeruk, kiwi, tomat, apel, dan jambu. Pasien gondongan disarankan untuk perbanyak kegiatan kunyah supaya mempercepat proses penyembuhan, contoh dengan konsumsi permen karet.

Cara Mencegah Gondongan 

Supaya tidak terserang penyakit gondongan, banyak cara untuk mencegahnya. Melakukan pencegahan adalah lebih baik daripada mengobati. Di bawah ini langkah mencegah penyakit gondongan:
  • Memberi imunisasi MMR pada anak-anak, diberikan saat anak berumur umur 1 serta mesti diulangi satu kali lagi pada umur 5 tahun.
  • Tetap mengawasi kebersihan tangan, membersihkan tangan sesudah BAB serta BAK, dan sebelum makan.
  • Tidak menggunakan perlengkapan mandi atau perlengkapan makan dengan orang yang lain. 
  • Buat pasien, mesti memakai kertas tisu saat bersin atau batuk supaya bisa langsung dibuang, serta menggunakan masker.
  • Buat pasien gondongan, disarankan tidak untuk melakukan aktivitas dahulu di luar rumah untuk menahan penyebaran penyakit ke orang yang lain.

Posting Komentar untuk "Pantangan Gondongan yang Harus Dihindari Agar Cepat Sembuh"