Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Mulai 2020, Penyaluran Dana BOS Transfer Langsung ke Rekening Sekolah

Pada 10 Februri 2020 dana BOS sebesar Rp 9,8 triliun ditransfer ke 136.579 sekolah di seluruh Indonesia untuk penyaluran tahap pertaman. BOS adalah bantuan operasional sekolah. Dana BOS dibayarkan Pemerintah dari Kementerian Keuangan untuk membiayai operasional sekolah, salah satunya membayar gaji guru honorer.

Pembayran gaji guru honorer di banyak sekolah sering terjdi keterlambatan. Kenapa gaji guru honorer bisa sampai telat bayar? Ternyata ada masalah dalam dana BOS. Salah satunya, penentuan alokasi yang membatasi sekolah dan penyalurannya yang sering terlambat.

Dari masalah ini, Pemerintah memperbaiki proses penyalurannya. Mulai 2020, penyaluran dana BOS ini dipercepat melalui transfer langsung ke Rekening Sekolah, percepatan tahap penyaluran, dan penyederhanaan administrasinya. Ini detail perubahannya.


Percepatan penyaluran langsung ke rekening sekolah jelas akan memotong rantai birokrasi. Kalau dana BOS cepat sampai ke sekolah, proses belajar mengajar jadi lancar. Anak-anak Indonesia tidak perlu merasakan terhambatnya kegiatan belajar. Guru dan kepala sekolah tak lagi pusing memikirkan dana untuk menjalankan sekolahnya.

Berapa alokasi Dana BOS 2020?

Berapa sih uang dari Pemerintah yang dialokasikan untuk dana BOS tahun ini? Dalam APBN 2020 sudah ditetapkan dana BOS sebesar Rp 54,32 T. Angka ini naik 6,03% dari tahun 2019. Anggaran dana BOS terus naik tiap tahunnya untuk mendukung kegiatan belajar di sekolah.

Berapa banyak siswa sekolah yang dapat merasakan manfaat dana BOS ini?

Tahun 2020 dana BOS dialokasikan untuk 45,4 juta siswa SD, SMP, SMA/SMK, dan SLB di seluruh Indonesia. Lalu, berapa dana BOS yang diterima tiap sekolah? Apakah jumlahnya sama untuk tiap sekolah? Alokasi tiap sekolah berbeda sesuai jumlah siswa yang ada.
Yudi Hartono
Yudi Hartono Perawat penikmat kopi