Tips Membeli Android Ala Yudi Hartono - Yudi Hartono
Latest Update
Fetching data...

Kamis, 21 Februari 2019

Tips Membeli Android Ala Yudi Hartono

Tips Membeli Android Ala Yudi Hartono
Gambar: www.lg.com

Salam hangat dari saya yudihartono.com

Semakin berkembangnya dunia teknologi, salah satunya perkembangan dunia smartphone Android membuat banyak sekali merk dan tipe yang beredar di pasaran. Tentu saja hal ini sangat menguntungkan konsumen, karena dengan banyaknya pembuat HP Android membuat harga jadi bersaing, tidak seperti dulu dimana perusahaan pembuat smartphone tidak banyak seperti saat ini.

Jika Anda adalah orang yang akan berganti HP menggunakan Android, mengetahui informasi tentang spesifikasi dan perkembangan dunia seluler sangat penting. Tentu saja hal ini bertujuan agar Anda bisa menemukan smartphone Android yang pas sesuai keinginan Anda.

Anda bisa mendapatkan informasi dari mana saja, karena saat banyak sekali informasi tentang Andoid di internet. Atau Anda juga bisa membaca tips dari saya, dimana saya akan mengulas pengalaman saya ketika membeli smartphone Android. Berikut ini ulasannya.

Pertimbangan Membeli Smartphone Android


Namun jika dana terbatas, akan lebih banyak pertimbangan, kalau pertimbangan saya dari yang paling utama adalah:

#1 Uang/dana

Sebelum membeli HP Android hal pertama yang harus dipikirkan adalah berapa budget yang saya miliki. Kadang orang mau beli HP Android tapi tidak memikirkan uang yang dimilikinya. Misalnya hanya punya dana 2 juta, tapi ingin membeli Samsung Galaxy Note 9, kan aneh dan gak nyambung.

#2 HP buat apa

Setelah menyediakan budget untuk membeli Android, kita juga harus tau untuk apa membelinya. Tujuan orang membeli Android bermacam-macam, ada yang digunakan untuk gaya, untuk bisnis, untuk maen game, untuk nonton drama, dan lain-lain. Menurut saya tujuan adalah hal paling penting ketika membeli smartphone selain uang. Jika Anda memiliki dana tak terbatas untuk membeli smartphone, tips terbaik adalah belilah yang bermerek dan termahal, sesuai dengan selera Anda.

#3 Merk

Untuk urusan merk saya lebih menyarankan untuk membeli dari merk yang sudah mendunia, kalau bisa bukan produk lokal. Selanjutnya terserah Anda mau pilih merk apa, kalau saya lebih suka Sony, Samsung, Google Pixel, Motorola, LG, Huawei, dan Nokia. Bila dana terbatas merk seperti Lenovo, Asus, Xiaomi, Realme, Meizu juga dapat dijadikan pilihan karena menyajikan spesifikasi lumayan tetapi harganya murah.

#4 Model dan spesifikasi

Untuk urusan model atau desain itu sangat subjektif, seperti pada bagian layar jika digunakan untuk bermain game atau menonton film, layar lebih lebar lebih pas. Namun saat ini hampir semua HP Android memiliki layar lebar. 

Spesifikasi yang Anda inginkan sangat tergantung pada tujuan membeli HP Android. Berikut ini adalah hal penting yang harus diketahui tentang spesifikasi HP Android.

  • Prosesor/CPU (Central Processor Unit) adalah otak dari smartphone yang merupakan tempat dimana seluruh perangkat sistem dan aplikasi bekerja. Banyak jenis dan tingkatan prosesor, biasanya ini sesuai dengan harganya. Saya sendiri lebih suka prosesor dari Qualcomm Snapdragon, dibandingkan Mediatek atau yang lainnya. 
  • RAM dan ROM sangat berpengaruh pada kinerja smartphone. Untuk saat ini minimal RAM 2GB dan ROM 16 GB untuk menjalankan aplikasi dan game ringan. Tentu saja kapasitas yang lebih besar lebih bagus. RAM digunakan untuk mengakomodasi data ketika menjalankan aplikasi, sedangkan ROM untuk menampung file seperti foto, music, film dan dokumen.
  • Baterai, beberapa orang mungkin tidak memperhatikan kapasitas baterai ketika membeli smartphone. Bagi saya kapasitas baterai yang besar adalah kelebihan yang harus dipertimbangkan, dengan kapasitas baterai besar kita tidak perlu membawa powerbank.
  • Kamera, bagi Anda pecinta selfie dan fotografi memilih kamera ponsel yang bagus adalah hal paling utama. Kalau saya, kamera pada smartphone bukan hal yang utama, karena saya jarang menggunakannya, mungkin hanya sekedar foto-foto ala kadarnya. Memilih kamera yang bagus agak-agak susah, oleh karena itu disarankan untuk membaca informasi review produk tersebut.

Itu adalah hal utama yang saya perhatikan ketika membeli Android, sebenarnya masih banyak hal yang harus diketahui, seperti apakah sudah 4G atau belum? Apakah dual SIM? Apakah mendukung slot MicroSD? Apakah sudah menggunakan USB type C? Apa jenis layarnya? Apakah mendukung fast charging? Apakah ada pelindung layar? Dan masih banyak lagi. 

Ada banyak hal yang harus diperhatikan sebelum membeli smartphone Android, namun jika anda tidak mau pusing memikirkannya, 4 point di atas (prosesor, RAM/ROM, baterai dan kamera) saya rasa sudah cukup sebagai pertimbangan.

Semoga informasi singkat ini dapat membantu Anda menemukan smartphone yang pas dengan yang Anda inginkan. Terimakasih.

Add your comment
EmoticonEmoticon