Pendapat Saya tentang HP Android Xiaomi - Yudi Hartono
Latest Update
Fetching data...

Selasa, 26 Februari 2019

Pendapat Saya tentang HP Android Xiaomi


yudihartono.com Satu brand smartphone yang lagi naik daun yaitu Xiaomi, terus menggempur pasar Indonesia dengan produk yang murah namun memiliki spesifikasi lebih bagus dari hp merk lainnya pada kisaran harga yang sama. Masuknya Xiaomi ke Indonesia membuat persaingan smartphone kian panas. Untuk membendung dominasi Xiaomi para vendor smartphone mulai mengikuti jejak Xiaomi dengan menjual Android murah namun spesifikasi tinggi.

Xiaomi Murah! Apa Berkualitas?


Bagi saya prinsip "Ada harga, ada kualitas" masih sangat berlaku ketika membeli suatu barang. Barang yang mahal biasanya kualitasnya lebih bagus, namun tidak semua yang mahal memiliki kualitas bagus. Untuk itu, mengetahui informasi secara jelas tentang produk yang akan dibeli sangat penting sekali.

Pertama membeli android Xiaomi adalah Redmi Note 5A dimana pada waktu itu, menurut saya harga dan spesifikasi pada hp tersebut lumayan bagus dibandingkan merk lainnya. Ketika beli harganya 1,7 juta garansi resmi (flash sale 1,5 juta), jika membeli merk Vivo, Oppo, atau Samsung harganya di atas 2 juta untuk spek yang sama dengan Redmi Note 5A.

Setelah itu saya membeli hp Xiaomi lagi, yaitu Redmi 5A dengan harga yang sangat murah sekali yaitu 1 juta. Padahal spesifikasinya lumayan bagus. Bagi saya, untuk hp entry level, Xiaomi adalah pilihan utama (pada waktu itu).

Saat ini, membeli hp entry level lebih banyak pilihan, karena semua brand sudah memasarkan produk murah dengan spek bagus, seperti Oppo dengan RealMe-nya. Beberapa produk samsung pun mulai turun harga, begitu juga dengan Vivo, Asus dan beberapa brand lainnya.

Selanjutnya saya akan mengutarakan pendapat saya mengenai kualitas  android buatan Xiaomi. Seperti pernyataan saya sebelumnya, "Ada harga, ada kualitas" produk Xiaomi pun begitu. Jangan berharap kualitas wow dengan harga yang murah. Namun jika dibandingkan merk lainnya, Xiaomi memberikan kualitas lebih bagus dengan harga yang sama.

Menilai Xiaomi Redmi Note 5A yang pernah saya pakai, saya cukup puas dengan kualitas hp tersebut, dari tampilan, baterai, bahkan MIUI yang ada di dalamnya.

Namun saat ini saya kurang sreg dengan android Xiaomi, karena ada iklannya. Apalagi beberapa iklan sangat menganggu sekali. Misalkan ketika menyetel musik, harusnya bisa milih lagu, ini malah muncul iklan. Pokoknya sangat gak nyaman sekali dengan adanya iklan tersebut.

Bagaimana Dengan HP Android Lainnya?


Jika dulu perbedaan harga dan spesifikasi android Xiaomi dan android merk lainnya sangat mencolok sekali, saat ini sudah tidak lagi. Sudah banyak perusahaan smartphone yang menluncurkan produk murah seperti Xiaomi. Jadi saat ini lebih banyak pilihan, tinggal pilih model dan merk yang sesuai dengan apa yang diinginkan.

Meizu, Asuz, Realme, Lenovo juga mengeluarkan produk-produk murah dengan spesifikasi yang bagus. Oppo, Samsung, Vivo pun harganya sudah sangat terjangkau.

Add your comment
EmoticonEmoticon