Memberi Adalah Menerima Lebih Banyak - Yudi Hartono
Latest Update
Fetching data...

Senin, 31 Desember 2018

Memberi Adalah Menerima Lebih Banyak

Memberi Adalah Menerima Lebih Banyak

Orang Kaya Suka Memberi


Saya gak tau apakah orang-orang kaya memiliki cara berpikir "Memeberi adalah menerima lebih banyak". Tetapi yang sering saya temui, orang yang kaya memang suka memberi, jadi wajar saja kalau dia mendapatkan lebih banyak lagi dari apa yang diberikan.

Mungkin kita akan melihat beberapa orang kaya yang sangat pelit, dan banyak orang yang bercerita bahwa orang itu kaya karena pelit. Saya tidak setuju dengan pendapat itu, saya yakin bahwa orang-orang kaya di dunia ini adalah orang yang suka memberi. Yang jadi masalah adalah tidak semua orang mengetahui yang telah diberikan orang kaya.

Bisa jadi ketika mereka memberi tidak ada orang yang tahu, jadi banyak orang yang tak mengetahuinya. Bisa saya orang kaya pelit kepada orang tertentu tetapi mereka sangat dermawan kepada yang lainnya. Tetapi fakta yang ada menunjukkan bahwa orang-orang kaya memang suka memberi.

Berikut ini adalah daftar sumbangan orang terkaya di dunia dikutip dari merdeka.com
  • Bill Gates → USD 27 miliar / 378 triliun rupiah
  • Warren Buffet → USD 21.4 miliar / 299 triliun rupiah
  • Azim Premji → USD 8 miliar / 112 triliun rupiah
  • Charles Franceis Feeney → USD 6,3 miliar / 88.2 triliun rupiah

Bagaimana sobat? Apakah semakin kaya semakin banyak memberi? Apakah konsep ini bisa dibalik "Semakin banyak memberi semakin kaya." Mungkin perlu ada riset, untuk membuktikan hipotesa ini. Yang pasti dan sudah terbukti adalah orang-orang kaya lebih banyak memberi daripada orang yang tidak kaya.

Dalam kehidupan sehari-hari saya pun sering menemukan fenomena "Memberi adalah menerima lebih banyak". Orang-orang yang lebih banyak memberi ternyata memiliki lebih banyak harta daripada yang pelit. Selain lebih banyak harta, ternyata orang-orang yang suka memberi hidupnya lebih happy, lebih bahagia. Mungkin memberi bisa menimbulkan kebahagiaan.

Memeberi berarti percaya bahwa Tuhan Maha Kaya


Sebagai seorang yang beragama Islam, saya sudah tidak asing lagi dengan hal yang berkaitan dengan memberi. Dalam istilah islam kata memberi sangat identik dengan sedekah. Dalam Alquran dan Hadist disebutkan bahwa dengan bersedekah Allah akan membelasnya dengan lebih banyak.

Sebagai orang Islam yang harus percaya pada Alquran dan Hadist, sudah semestinya harus banyak bersedekah. Selain itu, sedekah juga mempunyai banyak manfaat. berikut ini adalah kumpulan hadist tentang sedekah.

"Kamu menyingkirkan batu, duri dan tulang dari tengah jalan itu adalah sedekah bagimu." (HR. Bukhari)

"Senyummu kepada saudaramu adalah sedekah." (HR. At-Tirmidzi)

"Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api." (HR. Tirmidzi, di shahihkan Al Albani dalam Shahih At Tirmidzi, 614)

"Seorang yang bersedekah dengan tangan kanannya, ia menyembunyikan amalnya itu sampai-sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangan kanannya." (HR. Bukhari no. 1421)

"Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak." (Qs. Al Hadid: 18)

"Sedekah akan memadamkan api siksaan di dalam kubur." (HR. Thabrani, di shahihkan Al Albani dalam Shahih At Targhib, 873)

"sesungguhnya Allah menerima amalan sedekah dan mengambilnya dengan tangan kanan-Nya. Lalu Allah mengembangkan pahalanya untuk salah seorang dari kalian, sebagaimana kalian mengembangkan seekor anak kuda. Sampai-sampai sedekah yang hanya sebiji bisa berkembang hingga sebesar gunung Uhud." (HR. At Tirmidzi 662)

"Apabila anak cucu Adam itu mati, maka terputuslah semua amalnya, kecuali tiga perkara yaitu: Shodaqoh jariyah, anak yang sholeh yang memohonkan ampunan untuknya (Ibu dan bapaknya) dan ilmu yang berguna setelahnya."

"Sesungguhnya sedekahnya orang muslim itu dapat menambah umurnya, dapat mencegah kematian yang buruk (su’ul khotimah), Allah akan menghilangkan darinya sifat sombong, kefakiran dan sifat bangga pada diri sendiri." (HR. Thabrani)

Dari hadist di atas, ternyata memiliki banyak manfaat. Sebagai seorang muslim, bersedekah adalah kewajiban saya. Walau pun tidak memiliki harta sebanyak orang kaya, kita tetap bisa bersedekah, bahkan tersenyum juga adalah sedekah.

Untuk itu, saya pribadi berusaha untuk selalu menanamkan sifat sedekah dalam kehidupan sehari-hari. Karena saya percaya, semua kebaikan yang saya lakukan, tuhan akan membayarnya dengan kebaikan yang lebih banyak.

Semoga bermanfaat.

Add your comment
EmoticonEmoticon