Kena Penipuan Lazada Saat Beli Case HP - Yudi Hartono
Latest Update
Fetching data...

Kamis, 07 Februari 2019

Kena Penipuan Lazada Saat Beli Case HP

Salah satu momok beli online adalah penipuan, oleh karena itu alasan utama orang tidak belanja online adalah takut kena tipu. Hal seperti ini harusnya menjadi perhatian utama para marketplace yang ada di Indonesia. Seperti yang saya alami, saya tertipu ketika membeli Case hp di Lazada.

Mengapa Saya Belanja di Lazada?


Alasan utama saya belanja di Lazada adalah tersedianya pilihan produk yang beragam serta harga terjangkau. Saya sudah berbelanja online di Lazada sejak Agustus 2014, dimana saat itu berbelanja online belum booming seperti saat ini.

Selama saya belanja di Lazada, pelayanan sangat bagus, barang yang saya beli sesuai dengan gambar dan deskripsi yang ada di website/aplikasi Lazada.

Ketika berbelanja online saya selalu melihat gambar dan spesifikasi barang dengan teliti, karena ketika membeli online saya tidak bisa melihat produk secara langsung, jadi foto produk serta penjelasannya adalah informasi utama mengapa saya memilih barang tersebut.

Apa yang Saya Beli di Lazada?


Sebelumnya saya membeli Huawei Y6 2018 di Lazada, proses berjalan lancar dan saya sangat puas terhadap pelayanannya. Setelah barang saya terima saya memakainya, agar body hp terlindungi saya ingin memasangkan case pada hp saya. Karena susah mencari case Huawei Y6 2018 di konter/toko fisik, akhirnya saya memutuskan untuk membeli secara online.

Setelah berseliweran di Lazada, Shopee, Bukalapak, dan Tokopedia akhirnya saya memutuskan untuk membeli case hp di Lazada. Case yang saya lihat memiliki foto produk yang bagus, dan juga harga sangat terjangkau. Setelah menemukan case yang saya cari saya langsung memesannya.

Proses Pembelian Case di Lazada


Setelah melakukan pemesanan, saya kemudian membayarnya melalui indomaret. Pada proses pengiriman terjadi masalah, case yang saya beli mengalami kegagalan pengiriman. Tetapi hal ini dapat diatasi dengan baik oleh Lazada, saya komplain dan barang dikirim kembali, bahkan saya beberapa kali ditelpon oleh Lazada untuk memberitahu bahwa barang sudah dikirimkan kembali. Pada masalah ini saya sangat mengapresiasi pelayanan Lazada yang cepat dan mudah dalam menyelesaikan gagal kirim.

Setelah beberapa hari case pesanan saya diantar oleh kurir JNE ke rumah, saya sangat bersyukur akhirnya barang saya datang juga. Padahal saya kira pengiriman ulang pesanan saya akan berlangsung lama, ternyata hanya butuh 3 hari barang sudah saya terima.

Kondisi Case yang Saya Terima


Setelah barang datang, saya tidak sabar ingin memakainya. Tanpa menunggu lama saya membuka pesanan case Huawei Y6 2018. Setelah dibuka, saya sangat kecewa sekali. Ternyata case yang dikirimkan tidak sesuai dengan foto dan deskripsi yang ada di website/aplikasi Lazada.

Seperti yang saya katakan di atas, bahwa foto produk dan deskripsi adalah hal penting ketika berbelanja online. Saya melihat foto Case Huawei Y6 2018 di website sangat berbeda sekali dengan Case yang sya terima. Berikut ini adalah perbedaan sangat nyata antara foto produk dengan barang yang saya terima.


  1. Foto produk tidak ada lubang sidik jari, sedangkan case yang saya dapatkan terdapat lubang sidik jari.
  2. Jarak tulisan "AUTO FOCUS" sangat dekat dengan lampu flash, sedangkan produk yang saya terima tulisan "AUTO FOCUS" jauh dari lampu flash.
  3. Pada foto di Lazada terdapat strip, serta case terlihat kokoh dan presisi. Case yang saya terima tidak ada stripnya, dan juga tidak presisi.

Sebenarnya masih banyak perbedaan lainnya, karena foto produk sudah di hapus ketika saya menulis artikel ini. Foto diatas adalah satu-satunya foto yang saya screen shot ketika belum dihapus. Sebelum saya menulis artikel ini saya sudah melakukan komplain ke Lazada dan juga ke Penjual. Mereka menyarankan saya untuk melakukan pengembalian produk. 

Apakah Ini Sebuah Kesengajaan Penjual?


Ini adalah masalah utamanya, jika ini terjadi karena kesalahan pengiriman saya bisa memakluminya. Namun jika ini merupakan kesengajaan yang dilakukan oleh penjual dengan cara memasang foto produk yang bagus, premium agar pembeli tertarik, padahal sebenernya yang mereka jual bukan produk yang ada seperti di foto lazada, menurut saya ini adalah penipuan.

Saya harap penjual lebih jujur dan pembeli juga lebih teliti ketika berbelanja online, jangan sampai tertipu seperti saya. Saya harap Lazada lebih baik lagi dengan mendepak penjual-penjual yang tidak jujur, sehingga konsumen tidak merasa dirugikan.

Terimakasih, semoga bermanfaat.

Add your comment
EmoticonEmoticon