Kehidupan Berumah Tangga Itu Berat Sob..! - Yudi Hartono
Latest Update
Fetching data...

Senin, 04 Februari 2019

Kehidupan Berumah Tangga Itu Berat Sob..!


Tak pernah aku bayangkan sebelumnya bahwa akhirnya aku berada pada situasi seperti ini. Saat memikul banyak tanggung jawab, menafkahi keluarga kondisi finansialku sangat buruk. Sesuatu yang benar-benar membuatku sangat tertekan.

Jika dulu sebelum memiliki istri, kondisi seperti ini bukanlah masalah karena aku hanya membiayai diriku sendiri, makan gak makan gak masalah. Namun sekarang, kalau gak ada yang dimakan, anak sama istri mau makan apa.

Di saat seperti ini dukungan keluarga sangat penting sekali, jika tidak bermental kuat, semakin banyak masalah yang akan datang. Dukungan keluarga seperti istri, orangtua dan mertua memiliki nilai yang sangat berarti.

Namun inilah kehidupan, tidak semua dapat mengerti apa yang kita lakukan. Kadang justru bukan orang lain yang menjatuhkan, tetapi orang yang paling dekat. Memang, yang akan membuat sakit hati bukanlah orang lain, tetapi orang yang paling dekat dengan kita.

Dalam situasi seperti ini, dimana semuanya tampak buntu, hanya keyakinan yang tetap membuatku mampu menjalai hari demi hari, keyakinan bahwa ada jalan keluar di depan sana.

Dengan keadaan ini aku menjadi tau, bahwa setiap orang memiliki alasan tersendiri untuk melakukan sesuatu. Mungkin saja ada seseorang yang melakukan pilihan yang aneh, dan menurut kita tidak masuk akal, atau seperti pilihan yang bodoh.

Saat ini aku sedang memilih pilihan hidup yang tampak bodoh bagi kebanyakan orang, iya... tampak bodoh. Aku memahami pilihanku bahwa ini adalah pilihyan terbaik bagiku, aku sudah memilih dan aku harus menerima pilihan itu, dan menjalaninya sepenuh hati.

Karena hidup berumah tangga sangat berat, maka harus dipersiapkan sejak sebelum menikah agar mampu menguatkan otot-otot sehingga beban berat tersebut menjadi ringan. Dari pengalaman yang aku alami, setidaknya ada beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum menikah.

  1. Finansial, Anda harus mempunyai pendapatan yang cukup untuk membiayai kehidupan berumah tangga. Minimal mendapatkan gaji sesuai UMR.
  2. Memiliki rumah/tempat tinggal, jika hanya mampu ngontrak ya, gak apa-apa, tetapi lebih baik memiliki tempat tinggal sendiri, bukan numpang tempat orang tua/mertua.

Bagi saya dua hal di atas sangat penting sekali. Bagi anak muda, jangan boros, gunakan uang Anda hanya untuk hal-hal yang bermanfaat. Jika tidak Anda bisa seperti saya,

Semoga bermanfaat.

Add your comment
EmoticonEmoticon