Cara Membuat Lanting Getuk dari Singkong [Pengalaman] - Yudi Hartono
Latest Update
Fetching data...

Kamis, 21 Februari 2019

Cara Membuat Lanting Getuk dari Singkong [Pengalaman]

Gambar: Proses nguweli lanting

Halloo sahabat yudihartono.com, semoga sehat selalu ya..

Apakah sobat tau apa itu lanting atau kelanting? Lanting adalah makanan ringan seperti kerupuk yang terbuat dari singkong dengan bentuk lingkaran seperti cincin. Saat ini sudah banyak sekali jenis lanting, salah satunya adalah lanting singkong getuk, dimana dalam artikel ini saya akan membahas bagaimana cara membuatnya.

Cara Membuat Lanting Getuk


Cara membuat lanting getuk ini berasal dari pengalaman pribadi, dimana mertua saya di Desa Karang Anyar Pesawaran adalah pembuat lanting getuk. Saya mengikuti proses demi proses bagaimana cara membuat lanting getuk dari bahan mentah sampai sudah siap dijual. Bagaimana cara membuatnya? Ini ulasannya.

Bahan lanting getuk:

  • Singkong
  • Bumbu: garam dan bawang ditumbuk sampai halus.

Bahan cukup sederhana, tetapi rasanya enak dan gurih. Untuk menjadi lanting yang enak dimakan, singkong diolah melalui beberapa proses. Dalam hal ini saya akan menceritakan apa yang saya lakukan ketika membuat lanting getuk.

#1 Mencabut singkong

Singkong yang dibuat untuk lanting berasal dari kebun sendiri, jadi pagi sekitar jam 7 pagi saya bersama Bapak saya pergi ke kebun singkong. Singkong yang bagus untuk lanting berusia sekitar 8 bulan lebih. Jika singkong masih muda, akan susah diolah dan juga lanting yang dihasilkan jadi tidak enak. Kami mencabut 4 karung singkong dengan berat sekitar 220 kg. Jam 9 singkong sudah ada dirumah untuk diolah lebih lanjut.

#2 Mengupas singkong

Setelah singkong sampai di rumah, singkong dikupas oleh 4 orang. Untuk 4 karung singkong biasanya membutuhkan 3-4 jam. Singkong dikupas bersih dari kulitnya.

#3 Mencuci singkong

Sekitar jam 12 siang singkong di cuci sampai bersih, hingga tidak ada kotoran yang menempel. Lalu singkong dimasukkan ke dalam langseng atau alat pengukus. Singkong ini tidak langsung direbus karena belum mau diolah.

#4 Merebus singkong

Waktu merebus singkong adalah jam 11 malam. Singkong direbus selama 3 jam.

Mengapa singkong tidak langsung direbus ketika sudah dicuci? Hal ini dilakukan untuk mendapatkan lanting getuk dengan hasil yang bagus, karena untuk mendapatkan lanting yang bagus, setelah diolah lanting getuk harus segera dijemur kering lalu digoreng.

#5 Memberi bumbu

Setelah singkong direbus sampai matang, singkong diangkat lalu dimasukkan kedalam bak, kemudian ditumbuk sampai bumbunya tercampur. Setelah itu singkong yang telah ditumbuk di letakkan dalam wadah lebar untuk diangin-anginkan agar cepat dingin.

#6 Menggetuk singkong

Proses menggetuk/menggiling singkong dilakukan jam 03.40 WIB. Singkong digiling menggunakan mesin hingga keluar adonan singkong berbentuk panjang dan bulat. Adonan tersebut kemudian dipotong sekitar 15 cm. Proses menggiling berlangsung sekitar 2 jam.

#7 Nguweli

Ini adalah proses membentuk adonan lanting yang sudah dipotong menjadi bentuk lingkaran. Proses Nguweli membutuhkan banyak orang, biasanya 6-8 orang. Hal ini dimaksudkan agar cepat selesai lalu dijemur. Proses ini berlangsung dari jam 5 sampai 8 pagi.

Lingkaran yang dibuat disusun kedalam tempat lebar dari bambu (rigen) kemudian dijemur.

#8 Mritili

Mritili adalah kegiatan melepaskan lanting yang dijemur agar tidak menyatu dengan lanting lainnya. Ini dilakukan ketika lanting belum terlalu kering, bisa dikatakan dalam kondisi setengah kering. Setelah lanting di pritili langsung dijemur kembali.

#9 Menggoreng lanting

Sekitar jam 2 siang, jika cuaca panas sekali, biasanya lanting sudah kering dan siap untuk digoreng. lanting digoreng sampai matang lalu ditiriskan dan siap untuk dikemas dan dijual.

Itulah proses membuat lanting getuk, semoga bermanfaat untuk kita semua. Jika ada yang ditanyakan bisa komentar di bawah ya..

Add your comment
EmoticonEmoticon